nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FOOD PARTY: Santap Malam Premium dengan Octopus, Lobster hingga Oxtail Soup, Salah Satunya di Rooftop Gedung Tertinggi di Indonesia

Devi Setya Lestari-Dimas Andhika Fikri , Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 18:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 21 298 1741488 food-party-santap-malam-premium-dengan-octopus-lobster-hingga-oxtail-soup-salah-satunya-di-rooftop-gedung-tertinggi-di-indonesia-jL5rUtaFbP.jpg Makan malam fine dining (Foto:Oakmont)

SAAT ini, perkembangan restoran berkonsep mewah atau dikenal dengan sebutan fine dining memang semakin menggeliat. Buktinya, berbagai restoran fine dining mulai menjamur di beberapa kawasan ibu kota.

Hal ini tentu saja disesuaikan dengan gaya hidup masyarakat Indonesia khususnya Jakarta, yang semakin menunjukkan modernitasnya. Secara tidak langsung, perilaku dan gaya hidup tersebut berhasil menciptakan peluang besar bagi para pelaku bisnis kuliner. Beragam inovasi pun terus dilakukan demi menarik perhatian para konsumen.

Baca Juga: Lezatnya Mazesoba, Mi Khas Jepang hingga Nasi Goreng Jepang untuk Makan Siang

Jika untuk makan malam hari ini Anda ingin memanjakan lidah dengan suguhan yang premium sekaligus merasakan ambience yang elegan dan nyaman, berikut Okezone rekomendasikan restoran yang bisa menjadi pilihan Anda hari ini.

Menikmati Nikkei Cuisine, perkawinan kuliner khas Jepang dengan Peru

Seperti yang dilakukan oleh Henshin by The Westin Jakarta. Berada tepat di lantai teratas The Westin Jakarta, Henshin menawarkan 3 pengalaman sekaligus kepada para pengunjungnya yakni, dining, lounge, dan musik.

Di lantai 67, para pengunjung akan disambut dengan suasana nyaman dengan sentuhan dekorasi tradisional khas Jepang yang tampak elegan. Di area ini juga terdapat rooftop yang dilengkapi bar & lounge dengan pemandangan langit dan hiruk pikuk khas Jakarta.

Untuk minumannya sendiri terdapat beberapa pilihan minuman alcohol dan non-alcohol dengan keunikan masing-masing. Pada kesempatan ini, Okezone mencicipi dua racikan minuman yakni, Sakura Maru dan Mango Aqua Fresh.

Sakura Maru terdiri dari campuran infuse geisha blossom tea london no.1 gin, yuzu juice, dan rose syrup parfait amour bitter. Kombinasi tersebut menciptakan sensasi rasa asam namun tetap terasa segar. Sama halnya dengan Mango Aqua Fresh, minuman ini menyuguhkan sensasi rasa manis dan asam yang menyegarkan.

Beranjak ke lantai 68, di lantai ini terdapat ruangan restoran fine dining dengan konsep dapur terbuka yang memungkinkan chef untuk berinteraksi dengan setiap tamu. Hidangan yang disuguhkan pun terbilang unik. Henshin menawarkan olahan Nikkei Cuisine, yang notabennya masih asing ditelinga pencinta kuliner nusantara.

Sedikit tentang Nikkei Cuisine, menurut Hajime Kasuga selaku Head Chef Henshin, hidangan ini merupakan kombinasi teknik pengolahan makanan khas Peru yang dikombinasikan dengan sentuhan Jepang. Nikkei Cuisine pertama kali diperkenalkan awal tahun 2.000-an. Kala itu, para imigran Jepang mencoba mengolah berbagai masakan menggunakan bahan baku yang mereka bawa, namun dengan teknik pengolahan khas Peru.

Di Henshin sendiri, Anda dapat mencicipi beragam olahan Nikkei Cuisine dengan karakter rasa unik dan menggugah selera, seperti ceviche clasico yang terbuat dari irisan daging sea bass lalu disajikan dengan tiger’s milk, sebuah saus yang diracik dari campuran jeruk lemon dengan bahan bercita rasa asam lainnya.

Bagi yang sudah terbiasa menyantap sashimi, pasti akan terkesima ketika mencicipi ceviche. Hidangan ini menyuguhkan sensasi rasa asam yang cukup kuat dengan balutan rasa gurih yang menggoda.

Okezone juga sempat mencicipi olahan “nasi goreng” khas Nikkei Cuisine yang dikenal dengan sebutan Yakimeshi. Sekilas, cita rasa hidangan ini memang seperti olahan nasi goreng yang ada di Indonesia, namun cenderung lebih soft karena diolah menggunakan bumbu khas jepang seperti miso dan shitake marinade. Lalu dicampurkan dengan japanaese rice, irisan carrot, dan kacang-kacangan.

Dari semua hidangan di atas, sajian H Octopus lah yang menjadi bintang utama pada acara grand launching tersebut. Olahan daging gurita ini memang terasa unik dengan tekstur yang empuk.

(Dimas/Okezone)

Menikmati Food Pairing dengan Varian Wiski Ternama di Dunia

ADA banyak cara yang dapat dilakukan untuk menikmati sebuah hidangan. Bagi orang-orang barat, menikmati pasta memang paling tepat sambil meneguk segelas wine berkualitas.

Selain ampuh menambah keintiman suasana makan, wine juga memiliki daya magis untuk memperlezat cita rasa makanan. Teknik seperti ini juga dikenal dengan sebutan pairing.

Lalu, bagaimana jika tidak memiliki stock wine di rumah? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan wiski sebagai alternatifnya.

Beberapa waktu lalu, Okezone berkesempatan mencoba hal tersebut ketika menyambangi acara peluncuran produk terbaru The Macallan Edition No. 2, di The Dutch, Jakarta.

Sedikit tentang The Macallan, perusahaan asal Swedia ini merupakan salah satu produsen wiski ternama di dunia yang telah berdiri sejak 1824. Ciri khas produk mereka yakni olahan wiski single malt yang memiliki perpaduan cita rasa rempah-rempah khas namun tetap elegan.

Untuk produk The Macallan Edition No. 2 sendiri hadir dalam tiga varian wiski yakni, The Macallan 12 Years Old Fine Oak, 12 Years Old Double Cask, dan 12 Years Old Sherry Oak.

Varian terbaru ini diperkenalkan melalui konsep fancy dining yang dilengkap dengan teknik food pairing.

Untuk hidangan pembuka ada smoked salmon, lobster, apple dill, citrus marmalade, dengan lemon dressing. Menu ini disajikan dengan segelas wiski jenis The Macallan Fine Oak 12 Years Old.

Bagi Anda yang belum terbiasa atau baru pertama kali menyantap makanan sambil menikmati segelas wiski mungkin akan sedikit terkejut saat mencicipinya. Cita rasa daging salmon dan lobster memang terasa unik ketika dipadukan dengan wiski tersebut.

Selanjutnya ada duck breast dan foie gras yang disajikan dengan raisins, carrot orange puree, speculoos crumble, date jam, serta wiski jenis The Macallan Sherry Cask 12 years old.

Cita rasa wiski ini sedikit lebih kuat dibandingkan jenis oak, karena ditujukan untuk menyeimbangi rasa gurih foie gras yang sangat kuat.

Sedangkan untuk menu utama, masing-masing tamu undangan disajikan wagyu steak and braised beef, serta beberapa makanan pelengkap seperti crispy potato, roasted honey figed, edamame, dan sihimeji.

(Dimas/Okezone)

Hidangan ini disandingkan dengan wiski jenis The Macallan Edition No. 2 yang menjadi produk Andalan terbaru The Macallan.

Berdasarkan berita rilis yang diterima Okezone, The Macallan Edition No. 2 merupakan produk wiski hasil kolaborasi empat ahli wiski ternama dunia, yakni Bob Dalgarno sebagai Master Whiskey Maker Macallan, dengan Roca Brothers yakni Joan Roca, Josep Roca, dan Jordi Roca.

Wiski ini mengandung 48% kadar alkohol, dan diproduksi menggunakan tujuh jenis kayu ek pilihan dari empat gudang di Spanyol. Sehingga tidak mengherankan jika rasanya cenderung lebih kompleks dan kuat dibandingkan jenis wiski sebelumnya.

Skye Restaurant & Lounge  

Restoran yang satu ini terletak di Menara BCA, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, tepatnya di lantai 56. Skye memiliki pemandangan kota Jakarta yang sangat indah apalagi jika Anda berkunjung saat sore atau malam hari. Letaknya di lantai atas dengan desain yang terbuka pada bagian atapnya.

Menu yang ditawarkan cukup beragam seperti chicken quesadilla, pecking duck soup, spicy tuna dan salmon salad. Untuk datang ke restoran ini usahakan Anda berpakaian rapi dan tidak mengenakan jeans.