Share

Makanan Datang Tepat Waktu, Ciri Restoran Berkualitas!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 22 Juli 2017 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 21 298 1741617 makanan-datang-tepat-waktu-ciri-restoran-berkualitas-mpLIdwFnHM.jpg Restoran berkualitas (Foto: Mashed)

MOMEN bersantap di luar dengan menyambangi sebuah restoran, tentu jadi kegiatan yang menyenangkan untuk sekedar relaksasi menghilangkan rasa jenuh di rumah atau menghilangkan rasa penasaran dengan mencoba tempat-tempat makan yang baru.

Namun, bak dua sisi mata uang. Restoran atau tempat makan pun hadir dengan kondisi restoran yang buruk dan restoran yang berkualitas baik. Nah, jika kemarin pertanda restoran berkualitas buruk dan tidak layak disambangi kembali sudah dibahas. Sekarang saatnya untuk mengetahui apa sajakah tanda-tanda sebuah restoran, bisa disebut sebagai restoran dengan kualitas baik. Baca penjelasannya dalam artikel di bawah ini, sebagaimana diwarta Mashed, Sabtu  (22/7/2017).

Makanan enak

Makanan berkualitas baik di sini, bukan hanya dari soal cita rasa yang lezat. Akan tetapi juga dari segi penyajian yang rapi alias presentable, juga sesuai dengan konsep menu. Misal contohnya menu yang disebut spesial, benar-benar disajikan khusus berbeda dengan menu yang lainnya. Restoran yang baik akan selalu menyajikan menu makanan yang lezat, rapi, bersih, dan konsisten tidak peduli hari kerja atau akhir pekan yang sibuk.

Pegawai yang ramah dan bahagia 

Tanda lainnya ialah, restoran ini memiliki para pegawai yang ramah menyapa dari mulai depan pintu masuk, membimbing hingga tamu duduk di meja pesanan, ramah melayani, dan juga tanggap. Hal yang kerap dianggap sebagai hal kecil ini, ternyata sangat penting loh dalam industri jasa dan service restoran.

Lantai dan toilet yang bersih 

Keadaan sekeliling restoran, seperti lantai dan toilet yang bersih dan tidak licin jadi tanda restoran berkualitas baik berikutnya. Jika restoran yang Anda kunjungi walau tidak besar, namun bersih terawat lalu menyediakan toilet yang tidak hanya bersih namun juga dengan persediaan tisu yang penuh, air yang berfungsi normal, pintu yang bisa terkunci dengan baik sampai tempat sampah yang tidak penuh oleh timbunan sampah. Maka restoran ini bisa dikatakan, sebagai restoran yang punya kualitas pelayanan baik.

 Pegawai yang sigap dan paham

Restoran yang berkualitas mumpuni, pastinya akan melatih mendidik para pegawainya dengan maksimal. Sehingga pada akhirnya, menghasilkan para pegawai yang sigap nan tanggap dalam melayani dan membimbing kemauan pesanan tamu, serta memahami dengan jelas kebutuhan para tamu yang hadir. Mulai dari kebutuhan soal menu makanan dan minuman yang disajikan, sampai bartender yang paham dengan baik soal wine dan cocktails.

Memperhatikan detail kecil 

Tempat makan yang punya kualitas optimal, akan memperhatikan segala aspek dalam restoran. Termasuk detail seperti, petugas atau pelayan ditempatkan tidak terlalu jauh dari jarak para tamu agar para tamu tidak mengalami kesulitan untuk memanggil, napkin atau lap makan yang terlipat rapi, sampai sigap menyematkan lap tambahan yang baru di meja walaupun tanpa diminta. Ketika para pegawai detail kepada hal-hal kecil seperti ini, maka pengalaman bersantap dari setiap tamu tentu akan meningkat lebih baik. Sehingga membuat tamu tidak segan untuk datang kembali.

Pesanan datang tepat waktu 

Siapa sih yang tidak merasa senang jika menu yang dipesan, bisa datang tepat waktu? Pesanan yang datang tepat waktu, pastinya akan membuat tamu senang dan puas dengan pelayanan yang ada. Ini menandakan, semua yang ada di restoran tersebut paham betul kurun waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan hidangan dengan sesuai. Mulai dari pelayan yang mencatat pesanan, para chef yang membuat hidangan di dapur, hingga manajer restoran yang memastikan semua alur pesanan berjalan lancar tanpa kendala. Ini adalah pertanda jelas, restoran berkualitas baik tersebut tahu cara menggunakan waktu dengan tepat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini