nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selaput Putih Tipis di Telur Rebus Ternyata Sumber Protein Tinggi dan Bisa Dimakan!

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 23 Juli 2017 11:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 21 298 1741747 selaput-putih-tipis-di-telur-rebus-ternyata-sumber-protein-tinggi-dan-bisa-dimakan-3NwgxYJ8tJ.jpg Telur Rebus (Foto: Styleraze)

TELUR ayam dengan segala kandungan nutrisi dan vitamin berguna di dalamnya, memang kerap menjadi menu andalan bagi banyak orang.

Telur rasanya bisa dibilang sebagai salah satu contoh menu makanan lintas generasi. Di mana baik wanita ataupun pria baik yang berusia masih muda ataupun yang sudah berumur, rasanya senang-senang saja dengan aneka hidangan telur.

Tanpa dikombinasikan dengan banyak bahan makanan penunjang lainnya pun, telur sudah bisa hadir sendiri sebagai menu yang lezat dan relatif mudah dibuat karena tidak membutuhkan kemampuan alias keahlian memasak khusus tingkat tinggi bagai seorang chef andal nan profesional.

Sebut saja seperti telur goreng mata sapi, telur dadar, scrambled eggs, sampai telur rebus yang bisa difungsikan sebagai lauk sarapan hingga makan malam. Nah, jika Anda familiar dengan menu telur rebus, tentunya tidak asing lagi bukan dengan helaian kulit tipis berwarna putih yang melekat pada bagian badan telur ketika telur sudah matang direbus.

Dalam beberapa kesempatan, kadang helai kulit tipis berwarna putih tersebut lah yang kurang lebih menolong kita saat sedang mengupas cangkang kulit telur agar cangkang kulit telur lebih mudah dilepaskan tanpa harus mengoyak bagian putih telur. Namun, tidak jarang pula karena helai kulit tipis ini pula cangkang kulit telur pada telur rebus menjadi sulit dikupas sehingga mengoyak bagian putih telur.

Tahukah apa sebenarnya helaian kulit tipis berwarna putih tersebut? Seperti diwarta Huffingtonpost, Minggu (23/7/2017) ternyata helai kulit tipis tersebut adalah selaput protein. Pada telur, kulit selaput protein tersebut sebenarnya ada dua bagian. Pertama yaitu satu bagian dalam (inner) dan kedua adalah bagian luar (outer).

Disebutkan lebih lanjut, selaput protein ini berfungsi untuk memberikan proteksi atau perlindungan pada telur dari berkembang-biaknya bakteri di dalam telur. Selaput protein tersebut, ternyata juga terdapat di bagian kuning telur walaupun memang secara kasat mata tidak bisa terlihat dengan jelas.

Saat memasak telur rebus, agar kulit selaput protein ini tidak melekat erat lalu membuat bagian putih telur menjadi terkoyak dan kulit cangkang telur mudah dilepaskan dengan mudah. Disarankan untuk memindahkan telur rebus dari panci berisi air panas, ke dalam wadah berisi air dingin saat hendak melepaskan kulit cangkang telur. Dengan metode ini, kulit selaput protein tersebut tidak akan membuat cangkang kulit telur susah dilepaskan sehingga telur rebus bisa terkupas sempurna tanpa harus ada bagian yang terkoyak.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini