nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk, Gunakan Hari Libur Sebagai "Hari Tidur" Anda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 22 Juli 2017 07:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 21 481 1741616 yuk-gunakan-hari-libur-sebagai-hari-tidur-anda-3Ow4GC3SrR.jpg Kualitas Tidur (Foto: Huffingtonpost)

PERNAH kah Anda saat mendapatkan waktu libur, Anda pergunakan sebagai waktu istirahat? Tapi, saking tidur doang, orang-orang di sekitar malah memarahi Anda! 

Jumlah waktu tidur Anda yang berlebihan juga ternyata tidak baik. Tetap tidur 8 jam adalah waktu ideal yang direkomendasikan ahli medis. Tidur yang cukup juga ternyata bisa memengaruhi tekanan darah Anda. Semakin baik, maka risiko tekanan darah tinggi pun sangat kecil.

Dikutip dari buku berjudul 49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darah karya Dokter Spesialis Hipertensi Dr Yoshihiko Watanabe, kurang tidur bisa pengaruhi kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan stres karena kelelahan tubuh dan pikiran tidak pulih. Karena kondisi tersebut, Anda akan merasakan dampak buruk khususnya pada masalah tekanan darah tinggi.

Dr Watanabe pernah melakukan riset, di mana diketahui bahwa orang yang tidur 8 jam sehari jelas punya tekanan darah yang lebih rendah daripada orang yang tidur 4 atau 5 jam sehari. Dalam penelitian lainnya, Dr Watanabe pun menyatakan bahwa tidur 15 menit sekali pun bisa menurunkan tekanan darah.

Jika memungkinkan, saat Anda dapat waktu libur, setidaknya Anda pergunakan untuk membayar "utang tidur" yang hilang pada hari biasanya. Tidur banyak, lanjut Dr Watanabe, dianggap bisa memperbaiki kualitas hidup yang jauh lebih baik. Jadi, jangan ragu untuk tidur lebih banyak saat dapat waktu libur, ya!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini