Sering- Sering Tertawa Mulai Sekarang karena Bisa Terhindar dari Stres Kronis

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 21 481 1741762 sering-sering-tertawa-mulai-sekarang-karena-bisa-terhindar-dari-stres-kronis-yUExNWnufD.jpg Manfaat Tertawa (Foto: Her Campus)

ANDA gampang ketawa? Sekalipun yang Anda tertawakan adalah hal receh? Wah, Anda perlu bersyukur atas hal tersebut. Sebab, semakin mudah Anda tertawa, semakin sehat lah diri Anda.

Penelitian yang dilakukan pada 2011 telah membuktikan bahwa mereka yang mudah tertawa adalah orang yang tidak mudah khawatir. Kurangnya sifat khawatir ternyata berdampak baik pada pengelolaan stres dalam diri. Makanya, ketika Anda sering tertawa, maka Anda dipastikan terhindar dari stres kronis.

Seperti yang dijelaskan Dosen senior di Institute of Psychology di University of Innsbruck, Dr Ursula Beermann, yang dilansir dari NBC News, Jumat (21/7/2017) penelitian ini menunjukan orang yang dapat menertawakan dirinya sendiri cenderung merasa kurang khawatir. Sikap tersebut memicu penurunan risiko stres kronis dalam diri.

Stres kronis sendiri dapat menaikan sistem hormonal yang lama kelamaan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Khususnya kesehatan emosional dan fisik seperti mudah sakit kepala, penyakit jantung, masalah pencernaan, kecemasan dan paling mudah terserang adalah depresi.

Penelitian tersebut dilakukan pada sekelompok orang. Peneliti menguji respon responden terhadap cerminan dirinya dan terungkap bahwa mereka yang paling sering tertawa saat membayangkan dirinya sendiri adalah mereka yang paling sedikit memperlihatkan tanda senyum palsu atau emosi negatif. Kondisi tersebut tentunya sangat baik bagi kesehatan mental seseorang.

Dalam peneltian yang dikutip TIME tersebut, Dr Beerman mengatakan, orang-orang yang tidak terlalu serius bisa melihat kesalahannya sendiri. Karena itu, mereka akhirnya menjadi pribadi yang cukup berhati-hati dalam mengakui perbedaan antara menertawakan diri sendiri dengan membuat dirinya jatuh.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini