nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaya Vitamin C dan Antioksidan, Buah Aprikot Mampu Mengatasi Tanda Penuaan Dini

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 22 Juli 2017 11:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 22 194 1741942 kaya-vitamin-c-dan-antioksidan-buah-aprikot-mampu-mengatasi-tanda-penuaan-dini-Jn3w64u2jy.jpg Buah apricot (Foto: Netdoctor)

PERNAH tahu aprikot? Buah satu ini bentuknya bulat sekepalan tangan orang dewasa dan sepintas mirip apel. Hanya saja daging buahnya berwarna oranye mirip jeruk dan jika santap, teksturnya mirip buah plum yang empuk dan rasanya segar.

Biasanya aprikot sering ditemui dalam keadaan kering, selai atau berupa manisan. Konon, belum diketahui asal usul buah aprikot berasal dari mana, namun buah satu ini diklaim telah dibudidayakan di India lebih dari 3.000 tahun.

Kini, aprikot sangat mudah ditemui karena penyebarannya hampir merata ke seluruh dunia. Hampir sama dengan buah-buahan lain yang berwarna oranye, aprikot mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit.

Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, betakaroten, serat hingga kaya akan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas yang bisa mencegah kanker. Ternyata, khasiat alami buat aprikot tak cuma bisa dirasakan jika dikonsumsi langsung, tapi juga bisa diekstraksi menjadi minyak untuk jadi produk perawatan kecantikan.

"Buah aprikot banyak memiliki manfaat di dalamnya seperti kaya akan vitamin C. Buah ini juga mampu mengatasi masalah penglihatan, menyehatkan kulit, mencegah kanker mulut, kanker paru-paru," ucak Sherlyn Sim, Brand Marketing Manager St. Ives dalam lembar fakta yang diterima Okezone.

Untuk kesehatan kulit, khasiat alami dari buah aprikot juga bisa didapat ketika menggunakan produk berbahan buah aprikot. Kandungan antioksidannya dapat berperan sebagai proteksi yang mampu menjaga kulit dari kerusakan akibat debu dan polusi.

Sehingga berbagai masalah kulit seperti noda hitam, kulit kusam, kerutan halus dan tanda-tanda penuaan dini lainnya bisa sirna jika rutin digunakan. Sehingga, kulit jadi lebih cerah, kenyal dan sehat.

Rupanya beragam khasiat dari aprikot tak hanya dari daging buahnya saja. Biji buah ini juga kaya akan manfaat.

Bisa diekstraksi menjadi minyak yang bisa dioleskan ke kulit. Biji aprikot mengandung asam oleat dan lenoleat yang berfungsi sebagai antiradang.

Berbagai masalah kulit akibat radang seperti luka ringan, luka bakar akibat sinar matahari, hingga jerawat meradang juga bisa diatasi dengan minyak biji aprikot.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini