nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadilah Panutan untuk Tanamkan Pola Makan Sehat kepada Anak

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 22 Juli 2017 21:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 22 298 1742029 jadilah-panutan-untuk-tanamkan-pola-makan-sehat-kepada-anak-MQfL5X8iub.jpg Pola makan sehat (Foto: Eatingwell)

SEBAGAI orang tua, salah satu yang membuat bahagia apalagi kalau bukan melihat anak bisa tumbuh kembang dengan sehat lewat santapan menu makanan yang bergizi penuh nutrisi.

Pola makan yang benar, dengan salah satunya mengonsumsi makanan yang bergizi pastinya mendatangkan banyak manfaat. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, akan membantu untuk menjaga berat badan anak agar tetap sesuai perhitungan, melindungi dari berbagai resiko penyakit, energi yang stabil untuk beraktivitas, dan tentunya juga untuk tumbuh kembang otak.

Diketahui lebih lanjut, pola makan sehat dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang bergizi akan memberikan efek terhadap kesehatan mental dan emosi pada anak. Karena bisa membantu untuk mencegah resiko terjadinya depresi, bipolar disorder, rasa cemas, hingga schizophrenia. Akan tetapi, sayangnya menanamkan dan membiasakan pola makanan sehat yang bergizi kepada anak-anak umumnya memang cukup sulit dilakoni.

Pasalnya, baik itu anak-anak balita ataupun yang sudah beranjak remaja. Sejatinya mereka masih sangat suka menyantap makanan-makanan, yang mudah disantap, memiliki rasa manis atau gurih, dan menyantap camilan-camilan yang jauh dari kata sehat seperti contohnya makanan junk foods yakni kentang goreng, hamburger, pizza, dan masih banyak lainnya.

Maka dari itu, menanamkan serta membiasakan anak untuk makan dengan makanan yang bergizi sangat penting untuk dilakukan oleh para orang tua. Buat Anda yang mungkin masih bingung, bagaimana cara untuk melakukannya. Mari simak tipsnya di bawah ini!

 Fokus 

Fokus di sini maksudnya ialah, buatlah pola menu makanan sehari-hari dengan meminimalisasi pemakaian produk makanan olahan cepat saji alias processed food. Sejatinya, anak-anak memang harus dihindari untuk menyantap makanan jenis processed food sedini mungkin. Buatlah masakan dengan menggunakan bahan-bahan makanan sealami mungkin.

Jadi panutan 

Banyak orang tua yang terkadang tidak menyadari hanya kerap memberikan perintah kepada anak, tanpa terlebih dahulu mencontohkan atau mempraktekkan langsung kepada anak. Ingin anak terbiasa makan dengan bergizi? Maka Anda harus langsung menunjukkan bahwa makanan yang Anda makan adalah makanan yang sehat dan bergizi, bukan hanya memerintahkan anak untuk rajin makan sayuran tetapi Anda sebagai orang tua malah rajin menyantap kudapan keripik kentang.

Siasati rasa

Buat menu hidangan sehat sekreatif mungkin, contohnya bisa dengan memasukkan sayuran ke dalam sup daging agar anak bisa tetap mengonsumsi sayuran secara tidak langsung. Atau bisa juga mencampurkan taburan wortel dalam kentang tumbuk, atau madu sebagai saus pendamping saat menyantap apel.

Kurangi beli makanan di luar 

Membeli makanan di restoran atau kedai makanan memang praktis dan enak, namun pastinya jauh dari kata sehat jika dibandingkan dengan makanan yang dimasak sendiri di rumah. Pasalnya, restoran di luaran kerap menambahkan perasa tambahan dan juga gula untuk membuat makanan semakin lezat. Ingin pola makan anak lebih bergizi? Maka biasakanlah untuk memasak sendiri makanan di rumah, dengan metode ini Anda bisa mengontrol langsung apa saja yang akan masuk ke dalam tubuh Anda sekeluarga.

Ajak anak ikut terlibat

Saat acara sesi belanja bahan makanan di supermarket, atau saat memasak di rumah. Jangan lupa untuk juga melibatkan anak, sambil belanja dan memasak maka anak bisa juga diajari langsung mengenali tentang kategori makanan yang sehat bergizi mana yang tidak, dan bagaimana caranya untuk mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya.

Buat kudapan sehat

Anak-anak tidak bisa dilepaskan dari ritual ngemil, karena anak-anak memang kerap merasa cepat lapar. Maka dari itu, agar acara ngemil tersebut tetap sehat, siapkan lah banyak buah-buahan, sayur-sayuran, dan produk makanan sehat lainnya seperti susu, dan jus buah alami di rumah sehingga anak bisa terhindar dari mengonsumsi camilan tidak sehat seperti keripik kentang, cookies, dan minuman soda.

Batasi porsi makan 

Hindari memberikan porsi berlebihan pada anak, biasakan anak mendapatkan porsi makanan yang sewajarnya. Jangan pula melakukan kebiasaan, menggunakan makanan sebagai reward atau hadiah pada anak. Demikian seperti diwarta Helpguide, Sabtu (22/7/2017)

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini