Share

COOKING GADGET: Talenan Kayu Tak Boleh Dicuci Sembarangan, Ikuti 3 Langkah Berikut untuk Menjaga Kebersihannya!

Pradita Ananda, Okezone · Senin 24 Juli 2017 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 22 298 1742069 cooking-gadget-talenan-kayu-tak-boleh-dicuci-sembarangan-ikuti-3-langkah-berikut-untuk-menjaga-kebersihannya-mBASr2VyP4.jpg Talenan kayu (Foto: Cookingprep)

CUTTING board atau lebih familiar disebut sebagai talenan, jadi salah satu alat memasak yang sangat penting kehadirannya.

Walau hadir dengan material bahan yang cukup bervariasi, namun biasanya kebanyakan orang akan lebih memilih talenan dari bahan kayu.

Perawatan dari talenan kayu ini, tidak bisa dianggap sebelah mata loh. Karena pada dasarnya, talenan yang bersih dan terawat juga memberikan pengaruh pada kualitas bahan makanan yang akan diolah menjadi masakan. Kemudian, sebetulnya bagaimana langkah yang tepat dalam membersihkan talenan dari bahan kayu agar tetap higienis dan tahan lama? Baca penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Bersihkan 

Untuk membersihkan talenan kayu tersebut, gunakanlah air panas, sponge atau busa pencuci bersih, dan sabun pencuci. Menurut laporan sebuah penelitian, volume air yang digunakan saat mencuci talenan jadi faktor yang sangat penting untuk menghilangkan segala partikel dan bakteri yang melekat pada talenan. Maka dari itu, pastikan ketika mencuci talenan kayu tersebut, talenan terkena aliran kucuran air yang banyak terutama di area yang sudah tergores-gores dengan pisau. Karena area-area inilah yang menjadi tempat ideal untuk terperangkapnya segala bakteri dan partikel bekas bahan makanan.

Disinfect 

Buatlah talenan kayu andalan Anda agar selalu higienis jauh dari bakteri, salah satunya dengan cara memanfaatkan cairan cuka putih atau white vinegar yang dicampur dengan air secukupnya. Metode satu ini dinilai ampuh untuk membuat talenan berbahan kayu menjadi steril dari bakteri, karena cuka putih hadir dengan kandungan pH rendah yang bisa membunuh bakteri dan kuman-kuman yang tersembunyi di dalam serat-serat talenan kayu.

Untuk mengaplikasikannya mudah kok, cukup usap talenan kayu dengan menggunakan lap bersih yang sudah dibasahi oleh campuran air dan cuka putih tersebut. Jika masih belum cukup atau karena talenan kayu mengeluarkan bau apek tidak sedap, coba dengan cara menaburkan powder dan menuangkan cuka putih di atas talenan. Kombinasi kedua bahan ini, akan membuat proses oksidasi terjadi sehingga akan membantu untuk menghilangkan noda membandel dan juga bau tidak sedap pada talenan.

Keringkan

Setelah usai dibersihkan, langkah yang juga tidak kalah penting ialah metode pengeringan. Keringkan talenan kayu yang basah tersebut, dengan mengusap alias mengelapnya dengan kain kering bersih. Seperti dikutip Cuttingboard, mengeringkan dengan tepat, setiap kali talenan usai dibersihkan sangat penting untuk dilakoni agar air-air sisa cucian tidak mengendap di dalam serat-serat kayu. Di mana hal ini lah yang bisa memicu timbulnya aroma tidak sedap pada talenan.

Tips:

1. Hindari merendam talenan kayu dalam rendaman air, karena air akan membuat serat-serat kayu menjadi longgar sehingga talenan tidak akan bertahan lama sebagaimana mestinya.

2. Jangan tempatkan talenan kayu dalam bak cucian piring (dishwasher) yang basah dan lembap.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini