nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kesalahan Fatal saat Makan di Restoran Mewah, Salah Satunya Hanya Pesan Makanan Favorit

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 24 Juli 2017 08:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 22 298 1742137 5-kesalahan-fatal-saat-makan-di-restoran-mewah-salah-satunya-hanya-pesan-makanan-favorit-3KJaAG4cU8.jpg Etika makan di restoran mewah (Foto:Palace)

 

MAKAN di restoran mewah tentu jadi pengalaman bersantap yang tidak bisa dialami setiap hari. Memanjakan lidah sambil duduk anggun dan dilayani bak raja dan ratu harusnya jadi pengalaman tak terlupakan, Jadi pastikan untuk tidak melakukan kesalahan apapun.

Menumpahkan segelas wine, menjatuhkan alat makan atau membuat keributan adalah hal konyol dan memalukan yang harusnya tidak terjadi di tengah waktu makan. Restoran mewah dianggap sebagai salah satu tempat berkumpulnya orang-orang yang mengagungkan etika dan sopan santun, khususnya saat sedang makan.

Dilansir dari Thisisinsider, Senin (24/7/2017) berikut 5 kesalahan fatal yang harusnya dihindari saat datang dan menyantap hidangan spesial di restoran mewah.

Tidak melakukan reservasi

Tidak semua restoran mewah menerima tamu dadakan. Jangan samakan seperti Anda datang ke restoran kasual atau restoran cepat saji, karena tidak semua restoran mewah menerima tamu yang belum melakukan reservasi. Anda bisa mencari tahu informasi pemesanan meja lewat media sosial restoran ataupun menghubungi lewat sambungan telepon.

Tidak Berpakaian formal

Pakar etika Julia Esteve-Boyd berpesan untuk tidak mengenakan celana jeans saat mengunjungi restoran mewah. Ada beberapa peraturan tidak tertulis yang mewajibkan Anda berpakaian formal saat masuk dan menyantap makanan di restoran mewah.

 

Tidak menjaga etika dan bersikap ‘murahan’

Esteve-Boyd juga mengatakan, sikap seseorang sangat diperhatikan saat ia menyantap makanan di restoran mewah. Jangan pernah lupa untuk memanggil pelayan saat Anda membutuhkan sesuatu. Saat makan di restoran mewah, hindari meminta saus tomat ataupun mustard jika tak ingin chef restoran marah. Bagi kaum hawa, hindari menaruh tas di atas meja. Cari tahu juga soal penggunaan alat makan, piring, posisi gelas ataupun tempat untuk meletakkan serbet.

 

Tidak informatif soal alergi makanan

Sebagai orang yang kenal dengan diri sendiri, sebaiknya Anda menginformasikan pada pelayan jika sedang diet atau alergi pada satu jenis makanan tertentu. Dengan ini Anda bisa mendapat makanan yang maksimal. Sebaliknya jika Anda tak menginformasikan, bisa jadi saat acara makan selesai tubuh Anda dipenuhi bercak merah karena alergi udang.

Hanya memesan makanan favorit

Secara psikologis, orang akan memilih untuk memesan makanan kesukaannya. Tapi menurut Chef Hollingsworth, kebiasaan ini harus ditinggalkan saat makan di restoran mewah. Banyak hidangan spesial yang dibuat koki menggunakan bahan tak biasa. Ini bisa jadi kesempatan bagi Anda untuk mencicip makanan dengan rasa yang mungkin tidak bisa dicicip di lain kesempatan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini