nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Anak Jadi Korban Bully, Psikolog: Orangtua Harus Dekat dengan Anak!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 24 Juli 2017 08:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 24 196 1742580 cegah-anak-jadi-korban-bully-psikolog-orangtua-harus-dekat-dengan-anak-KM28Nh6z41.jpg Bullying (Foto: Generation Next)

PERUNDUNGAN atau Bullying menjadi masalah sosial yang harus segera dihentikan. Selain berdampak buruk bagi si korban, pelaku bully pun sebetulnya harus mendapatkan penanganan khusus. Apalagi mereka masih di bawah umur.

Kasus bullying yang terjadi di Universitas Gunadharma dan pada anak-anak SMP di Thamrin City menjadi bukti konkrit bahwa bullying masih ada di masyarakat. Sebagai lingkungan dasar si anak, orangtua menjadi tolak ukur dari peranan pola asuhnya. Maka dari itu, peran orangtua sangat diperlukan untuk menghentikan kasus demikian.

Dijelaskan Psikiater Jiwa Masyarakat RSJ Dr Soeharto Heerdjan Nova Riyanti Yusuf, orangtua harus dekat dengan anak. Sebab, semakin jauh peran orangtua bagi anak, rasa percaya si anak pun akan hilang. Anak akan lebih percaya dengan temannya dibanding orangtuanya sendiri.

"Kalau sudah begitu, orangtua harus bertindak tegas dan kembali bisa merangkul si anak supaya kepercayaannya kembali tumbuh," katanya saat ditemui di RSJ Dr Soeharto Heerdjan Jakarta Barat, Rabu (19/7/2017). Dia melanjutkan, ketika anak sudah percaya, maka akan dengan senang hati dia menceritakan segala sesuatunya pada orangtua. Termasuk masalah bullying.

Terkait dengan kasus bullying, menurut Nova, setiap orangtua punya caranya masing-masing. Ada yang akhirnya mereka bertindak untuk menekan anak dengan "balas jangan diam". Ada pula orangtua yang memilih "kamu sabar aja, ya".

Dua cara tersebut bagi Nova tidak ada yang salah dan benar. "Itu tergantung dari budaya yang ada di keluarga tersebut. Bila dirasa yang pertama baik, monggo. Mau pakai yang kedua juga silahkan. Asal bisa dipertanggungjawabkan saja," tambahnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini