nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: Dari Kemenyan hingga Jeruk Purut, Kenali Rempah "Horor" Khas Indonesia yang Bikin Makanan Makin Lezat

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 07:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 24 298 1742944 kaya-rempah-dari-kemenyan-hingga-jeruk-purut-kenali-rempah-horor-khas-indonesia-yang-bikin-makanan-makin-lezat-QWKjpE3Zlc.jpg Jeruk purut rempah 'horor' khas Indonesia (Foto:Google)

KEKAYAAN Indonesia bukan meliputi hal-hal yang kasat mata seperti kekayaan alam dan sumber dayanya. Beberapa kearifan lokal tak kasat mata juga jadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Percaya atau tidak, diakui atau tidak, ritual adat yang berkaitan dengan makhluk kasat mata banyak dilakukan di Indonesia. Ini adalah salah satu warisan adat yang tidak bisa dipungkiri. Tapi tahukah Anda jika ritual adat ini erat kaitannya dengan masakan tradisional? Kok bisa?

Semakin ditelisik, maka Indonesia semakin menarik. Penah mencicip bebek betutu atau sate lilit khas Bali, itu hanyalah dua masakan khas yang bumbu masaknya cukup eksotis dan menarik karena di dalamnya terdapat bumbu yang lebih dikenal luas sebagai salah satu alat ritual mistis.

Penasaran apa saja bumbu dan rempah horor yang kerap digunakan sebagai alat ritual mistis namun bisa memperlezat makanan? Okezone merangkumnya dari berbagai sumber, sssttt salah satunya kemenyan lho, Selasa (25/7/2017).

Bangle

Bagi masyarakat di beberapa pedalaman daerah, bangle dikenal sebagai salah satu rempah pengusir jin. Campuran bangle parut, garam dan doa khusus dianggap jadi ramuan ampuh untuk mengusir jin yang merasuki manusia. Tapi di dapur, bangle memiliki fungsi untuk menambah cita rasa pada masakan khas, salah satunya sate lilit. Penggunaan bangle biasanya dengan diparut atau dihaluskan bersama bumbu lainnya. Bangle juga akrab dijadikan campuran dalam jamu karena khasiatnya sangat banyak misalnya untuk mengobati kembung, sakit kepala dan obat herbal untuk diet.

Kemenyan

Mendengar kata kemenyan mungkin membuat bulu kuduk merinding, bagaimana tidak, bahan ini sangat akrab pada ritual berbau mistis. Kemenyan dianggap sebagai pemanggil mahluk halus yang tak bisa dilihat kasat mata. Ternyata kemenyan adalah satu bumbu dapur yang penggunaannya sudah dipakai sejak lama. Meskipun serupa, kemenyan untuk masak dan kemenyan untuk ritual ternyata berbeda. Kemenyan masak memiliki bentuk kasar berwarna hitam keabuan dengan bagian luar putih. Kemenyan biasa ditambahkan dalam masakan dengan cara dihaluskan.

Jeruk Purut

Bumbu masak yang satu ini sudah tidak asing, pasalnya jeruk purut banyak ditambahkan dalam berbagai masakan untuk menghasilkan rasa asam. Tapi dibalik sebagai bumbu, jeruk purut juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengusir gangguan jin ataupun santet. Kulit jeruk purut yang dibakar dan ditambah berbagai bahan dianggap bisa mengusir gangguan makhluk halus. Tapi percaya atau tidak, semua kembali lagi kepada pribadi masing-masing.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini