nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Porter Terkuat dan Termahal Ternyata dari Papua! Sekali Trip Harganya Rp7 Juta

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 07:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 24 406 1743059 wow-porter-terkuat-dan-termahal-ternyata-dari-papua-sekali-trip-harganya-rp7-juta-7WRqpk5DsB.jpg Ilustrasi Mendaki Gunung (Foto: Shutterstock)

MENDAKI gunung untuk keperluan lain seperti pembuatan film atau pendokumentasian aktifitas gunung, terkadang membawa peralatan yang lebih banyak dari pada pendakian biasa. Ketika berminat untuk mendaki dibeberapa gunung di Indonesia pun, ada yang menyarankan untuk menggunakan jasa porter.

Porter biasanya dapat dengan mudah ditemui disekitar kawasan gunung dan merupakan masyarakat asli daerah. Salah satu gunung yang membutuhkan porter dalam pendakiannya ialah Puncak Cartensz di Papua.

Porter asli Papua yang ada di kawasan gunung berbeda dari porter kebanyakan yang ada di gunung lain. Harga yang ditawarkan untuk membayar jasa porter pun mampu membuat mulut Anda menganga lebar.

Bagaimana tidak? Harga jasa porter Papua mencapai angka tujuh juta! Maka, tidak heran jika para porter ini disebut-sebut sebagai porter dengan bayaran paling mahal di Indonesia.

Namun, jangan khawatir, biar pun mahal ternyata sebanding dengan tenaga yang mereka punya. Mereka mampu membawa beban lebih berat dari pada porter-porter yang berada di kawasan gunung lain di luar Papua.

Jalur pendakian menuju Puncak Cartensz yang melewati Ugimba, Tambua, Basecamp Danau-danau terkenal sangat berat, tapi para porter yang berasal dari Desa Ugimba ini mampu berjalan tanpa alas kaki dengan beban barang yang ditaruh dalam noken.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini