nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lupa Lepas Lensa Kontak saat Tidur, Anda Berisiko Mengalami Kebutaan!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 24 Juli 2017 16:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 24 481 1742939 lupa-lepas-lensa-kontak-saat-tidur-anda-berisiko-mengalami-kebutaan-3M2GMPF5Zq.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

PEMAKAIAN lensa kontak semakin menjadi tren, baik sebagaimana fungsinya sebagai pengganti kacamata atau penunjang penampilan.

Ada sejumlah pilihan untuk pemakainya, termasuk lensa kontak yang dipakai satu hari atau satu bulan, dan keras atau lembut. Namun, menggunakan lensa kontak tidak datang tanpa risiko. Menurut NHS, banyak orang tidak menggunakannya dengan aman.

Memang, dilaporkan awal pekan ini, 27 lensa kontak dikeluarkan dari mata seorang wanita berusia 67 tahun. Menurut British Medical Journal, lensa kontak tersebut terjebak di dalam mata, dan menjadi kasus ekstrem yang tidak biasa.

"Tidak biasa bagi pemakai lensa kontak untuk sampai pada praktek dokter mata mereka sejak dini karena lupa atau tidak dapat mengeluarkan lensa kontak sebelum tidur," kata Brendan O'Brien, COO Vision Direct yang dikutip Express, Senin (24/7/2017).

NHS merekomendasikan lensa kontak yang dapa dipakai secara terus-menerus untuk jangka waktu tertentu, atau lensar kontak yang bisa dipakai lebih dari semalam. O'Brien memperingatkan, mengenakan lensa kontak yang tidak dirancang untuk pemakaian lama dapat menyebabkan infeksi, ulkus kornea, dan masalah kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

"Lensa kontak mengurangi suplai oksigen yang sangat dibutuhkan ke kornea, atau permukaan mata Anda. Biasanya, kornea mendapat oksigen baik dari pembuluh darah di kelopak mata pada malam hari dan dari udara di siang hari," jelasnya.

"Pengguna lensa kontak biasa bergantung pada pasokan malam hari untuk menjaga kesehatan mata, sehingga mengurangi oksigen di malam hari bisa sangat menghancurkan," tambahnya.

Memang, menurut Asosiasi Lensa Kontak Inggris, risiko infeksi yang sudah tinggi saat siang hari, menjadi jauh lebih tinggi ketika seseorang tidur. Jika Anda lupa atau ragu apakah telah melepas lensa kontak atau belum, maka bisa merasakan tanda-tanda tertentu.

"Yang pertama dan paling jelas adalah pasti merasa tidak nyaman. Kemudian, jika Anda terbangun dan bisa melihat tanpa memakai kacamata. Jadi, Anda harus memastikan tidak lupa melepas lensa kontak pada malam hari," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini