nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biasakan Minum Air Putih sejak Kecil, Turunkan Risiko Diabetes saat Dewasa

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 24 Juli 2017 16:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 24 481 1742957 biasakan-minum-air-putih-sejak-kecil-turunkan-risiko-diabetes-saat-dewasa-sGJEihQoi4.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ORANGTUA harus mengajarkan kebiasaan minum air putih sejak dini. Hal ini dilakukan untuk mencegah beragam penyakit degeneratif yang jumlahnya semakin bertambah.

Setiap hari anak harus mencukupi kebutuhan minum air mineral sekira 1,5 liter setiap hari. Tetapi jika aktivitas bertambah, kebutuhan cairan anak juga bertambah.

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dr Budi Wiweko SpOG mengungkapkan, satu dari empat anak di Indonesia kurang minum air putih. Sekira 30% dari mereka malah minum air berperasa yang sangat tinggi gula.

"Sekira 15% penduduk Indonesia konsumsi gulanya melewati ambang batas. WHO hanya menganjurkan tidak lebih dari 10%," ujar dr Iko di sela Seminar Aqua Ajak Orangtua Tanamkan Kebiasaan Minun Sehat Sejak Dini di Kidzania Pacific Place, Jakarta Selatan, Senin (24/7/2017).

Akibatnya, dengan memperbanyak minum air putih akan menurunkan risiko penyakit mematikan di kemudian hari. Seperti contoh terhindar dari diabetes, hipertensi, hingga gagal ginjal yang harus dicegah dengan berperilaku sehat.

Tak hanya itu, minum air putih sangat dibutuhkan untuk menggantikan cairan dalam tubuh. Mengingat, tubuh manusia terutama anak-anak mengandung 70% komponen air.

"Begitu juga pada orang dewasa mengandung komponen air sebanyak 60%. Pada lansia semakin menurun jumlahnya sekira 50%, tetapi harus tetap minum banyak air," kata dr Iko.

Orangtua harus mengajarkan anak terbiasa minum air putih sejak kecil. Banyak sekali manfaatnya untuk menjaga kesehatan anak.

dr Iko menjelaskan, air penting sekali bagi tubuh, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Untuk meningkatkan fungsi organ tubuh, juga butuh dihidrasi oleh air.

Tubuh manusia juga membutuhkan air yang mengandung mineral alami. Zat tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme.

Tak hanya itu, ada empat manfaat yang didapatkan anak saat rajin minum air putih setiap saat. Berikut ulasannya, dirangkum Okezone, Senin (24/7/2017).

Membangun metabolisme

Tubuh membutuhkan mineral yang didapatkan dari air putih. Fungsinya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Pada akhirnya, Anda dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat anak jarang sakit.

Dukung tumbuh kembang anak

Anak-anak mulai balita harus melewati masa-masa tumbuh kembang yang optimal. Mereka harus mendapatkan hal tersebut agar kebutuhan cairannya terpenuhi. Biasakan anak minum air putih sekira 6 gelas per harinya. Tambah pula porsinya ketika aktivitas anak tampak padat atau usai berolahraga seperti lari dan futsal.

Membangun fungsi otak

Tahukah Moms, anak yang kurang minum air putih konsentrasinya menurun. Akibatnya, mereka jadi gagal fokus. Otomatis dampak ini dapat mengganggu kesehatannya dan konsentrasi belajarnya di sekolah hilang.

Perkembangan intelegensi

Anak-anak harus mudah beradaptasi saat menemui lingkungan baru. Ketika kebutuhan nutrisi dan cairan minum air putih tercukupi, anak jadi lebih berenergi. Belum lagi mereka akan cepat tanggap bila disuruh untuk menyelesaikan sesuatu hal. Kecerdasannya pun jadi bertambah karena konsentrasinya terjaga.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini