nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabar Baik! Ada Kemungkinan Pengobatan Kanker Bisa Menyembuhkan HIV

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 09:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 24 481 1743138 kabar-baik-ada-kemungkinan-pengobatan-kanker-bisa-menyembuhkan-hiv-5ZIWKgdbU6.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

PENGIDAP penyakit kanker dan HIV pastinya berjuang keras untuk terlepas dari penyakit mematikan itu. Bahkan, obat untuk kedua penyakit ini belum ditemukan secara pasti. Tapi ternyata, efek pengobatan keduanya memiliki keterkaitan.

Baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pengobatan kanker bisa menyembuhkan HIV. Sejumlah ahli mengklaim bahwa sel kanker dan virus HIV berkembang biak dengan cara yang serupa dan keduanya juga mengekspresikan molekul yang sama. 

Hal inilah yang membuat para ahli percaya bahwa terapi kanker tertentu, yaitu checkpoint inhibitors bisa mengobati HIV. Checkpoint inhibitor adalah metode pengobatan untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh setelah dimatikan oleh protein tumor.

Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan tumor di tubuh pasien penderita kanker bisa dikurangi. Peningkatan sistem kekebalan tubuh ini diharapkan bisa membersihkan penderita HIV dari virus yang menyerangnya. Sebab, obat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa mengaktifkan virus HIV yang tersembunyi di sel penderitanya.

Seperti diketahui, hambatan terbesar pengobatan HIV adalah tidak ada obat yang bisa menemukan virus HIV tersembunyi di tubuh pasien. Dengan mengaktifkan virus HIV melalui pengobatan kanker, maka pengobatan HIV bisa ditemukan.

Anggapan bahwa pengobatan kanker bisa berdampak pada pasien HIV muncul setelah peneliti dari beberapa institusi menyuntik seekor sapi dengan virus HIV. Hasilnya, sapi bisa mengembangkan respons kekebalan tubuh dalam waktu tiga lima hari. Mereka yang melakukan penelitian ini pun berharap, sel imun yang mereka temukan dalam tubuh sapi bisa dimasukkan ke dalam suntikan untuk menetralisir virus HIV yang ada di tubuh pasien.

Namun, sejumlah ahli juga mengingatkan keberhasilan di suatu percobaan tidak bisa digeneralisasi karena belum tentu bisa berhasil di percobaan lain. 

“Kita masih harus berhati-hati agar tidak berasumsi bahwa hal-hal yang bekerja pada sel kanker juga bisa bekerja pada pasien HIV. Bagaimana pun juga, HIV dan kanker sangat berbeda. Meskipun hasil penelitian menunjukkan pengobatan kanker bisa mengobati HIV, tapi jangan jadi berpikir hal ini efektif,” jelas Dr Anthony Fauci seperti yang dikutip dari Daily Mail, Selasa (25/7/2017). (hel)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini