Kacamata Hitam hingga Sandal Flip-flop, Aksesori yang Wajib Dibawa saat Pergi Haji

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 25 194 1743521 kacamata-hitam-hingga-sandal-flip-flop-aksesori-yang-wajib-dibawa-saat-pergi-haji-L88ifh0fz7.jpg Ilustrasi jamaah haji (Foto: Dailymail)

MENYIAPKAN perlengkapan yang akan dibawa untuk pergi haji sudah tentu berbeda dengan liburan biasa. Bila traveling, Anda mungkin bisa membawa berbagai item fesyen yang keren untuk bergaya di kota atau negara wisata tujuan.

Namun, tidak demikian halnya ketika mengunjungi Tanah Suci, Anda perlu membawa perlengkapan mengikuti adab beribadah dan menyesuaikan dengan lingkungan serta iklim setempat. Lantas, barang-barang apa saja yang perlu dibawa oleh calon jamaah haji? Berikut Okezone rangkum beberapa di antaranya dari berbagai sumber.

Pakaian ihram dan non ihram

Mengenakan busana ihram bagi jamaah haji merupakan sebuah keharusan dalam melakoni ibadah haji. Busana ihram sendiri berwarna putih dan tidak memiliki jahitan. Modelnya menyerupai kain panjang biasa yang dilipat pada tubuh sebagai pengganti pakaian. Lantaran aktivitas ibadah yang cukup sering maka pastikan untuk membawa lebih banyak pakaian ihram. Pilih pakaian ihram yang tidak membentuk lekuk tubuh, menunjukkan aurat, dan mencolok perhatian.

Setelah pakaian ihram, siapkan pakaian non ihram yang dapat digunakan saat kegiatan wisata atau di luar ibadah. Bawalah pakaian bebas yang santun untuk dikenakan saat berkeliling kota Makkah dan Madinah. Sebut saja bagi wanita, seperti abaya, gamis, dress panjang, atau setelah atasan dan bawahan yang tidak menonjolkan lekuk tubuh. Bila bosan mengenakan warna hitam atau putih, pilihlah warna lain yang bernuansa earth tone.

Kerudung atau scarf

Selama ibadah haji, akan banyak aktivitas yang dilakukan. Oleh karena itu, bagi para wanita pilihlah dalaman kerudung, kerudung, dan luaran kerudung dengan material yang nyaman sehingga tidak mengganggu kekhusyuan dan kenyamanan Anda dalam beribadah.

Alas kaki yang nyaman

Ibadah haji sebagian besar dihabiskan dengan berjalan kaki dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Jadi, pastikan membawa alas kaki, seperti sepatu atau sandal yang nyaman dan tidak merepotkan. Lazimnya baik pria atau wanita hanya menggunakan sandal atau alas kaki model flip flop.

Kacamata hitam dan topi

Well, kacamata hitam dan topi bukan digunakan untuk membuat penampilan semata-mata menjadi lebih modis. Mengantisipasi cuaca panas dan paparan sinar matahari yang cukup ekstrem di Tanah Suci, sebaiknya bawa kacamata hitam dan topi yang bisa melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Krim pelembap kulit, body losion, dan petroleum jelly

Penggunaan krim pelembap berguna untuk melindungi kulit agar tidak kering saat berada di cuaca ekstrem. Mirip dengan fungsi krim pelembap kulit, petroleum jelly bisa berguna untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah.

Tabir surya, serum wajah, dan face mist

Ketika pergi beribadah haji, para wanita mungkin saja lupa untuk menjaga kecantikan kulitnya. Karena itu, untuk urusan perawatan kulit wajah dan tubuh, sebaiknya bawa benda ‘wajib’, seperti serum wajah, tabir surya, dan face mist.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini