POP SUGAR: Segarnya Menyeruput Es Laksamana Mengamuk, Juga 2 Es Tradisional Riau Lainnya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 25 298 1743688 pop-sugar-segarnya-menyeruput-es-laksamana-mengamuk-juga-2-es-tradisional-riau-lainnya-E1owU58Eud.png Es laksamana mengamuk (Foto:Ist)

MASYARAKAT Riau bukan hanya pandai mengolah berbagai bahan baku menjadi makanan lezat tapi juga ada banyak minuman yang manis dan menyegarkan. Beberapa minuman khas Riau bukan hanya menarik dari tampilannya tapi juga dari rasa dan namanya.

Jika ditelusur lebih jauh, minuman khas Riau memang banyak ragamnya tapi ada 3 yang namanya cukup familiar dan jadi incaran banyak orang baik masyarakat lokal ataupun wisatawan yang datang. Penasaran? Selain menggoda lewat tampilan dan rasanya, minuman ini juga punya nama yang nyentrik dan bikin menggelitik rasa penasaran.

Es laksamana mengamuk

Satu minuman yang paling terkenal adalah es laksamana mengamuk. Dari namanya mungkin terlihat mengerikan tapi minuman ini yang tak boleh luput dicicip. Es laksamana mengamuk terbuat dari campuran buah kweni, santan, sirup gula, kelapa muda dan selasih. Biasanya es ini dijual dengan cara keliling menggunakan gerobak. Ada cerita unik dibalik nama minuman ini, konon kabarnya zaman dahulu ada seorang raja atau laksamana yang marah di kebun buah kweni saat sang istri diculik.

Laksamana kemudian menebaskan pedangnya ke kebun kweni yang buahnya sudah ranum. Buah inilah yang kemudian dimanfaatkan masyarakat sebagai campuran minuman. Terlepas dari benar atau tidaknya kisah ini, yang jelas es laksamana mengamuk cukup untuk melegakan teggorokan yang kering.

Es air mata pengantin

Segelas minuman berwarna merah ini tak kalah uniknya. Namanya air mata pengantin dan biasanya hanya tersedia saat ada sepasang pengantin Riau yang menggelar pesta pernikahan. Segelas minuman ini terdiri dari campuran biji selasih, agar-agar, sirup gula, sirup berwarna merah dan es batu. Warna minuman yang ceria menjadi simbol kebahagiaan. Artinya meskipun pengantin atau keluarganya menangis saat menjalani prosesi pernikahan, air matanya adalah air mata bahagia kebahagiaan.

 

Es lancang kuning

Serupa tapi tak sama dengan es laksamana mengamuk. Es lancang kuning dibuat menggunakan potongan buah mangga yang kemudian disiram dengan jus mangga dan es batu. Cukup simpel namun minuman ini jadi buruan banyak orang, terutama para pelancong yang datang ke Riau. Sekarang es lancang kuning sudah banyak mengalami modifikasi dengan penambahan bahan baku isian seperti nata de coco, selasih hingga agar-agar. Selain segar, es lancang kuning juga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak vitamin dan serat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini