nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cat Ba Island, Destinasi Baru di Vietnam Pesaing Ha Long Bay

Dada Sathilla, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 19:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 25 406 1743641 cat-ba-island-destinasi-baru-di-vietnam-pesaing-ha-long-bay-V46I3G0mB3.jpg Cat Ba Island, Vietnam (foto: Dada Sathilla/Okezone)

BILA menyebut destinasi wisata di Vietnam maka Ha Long Bay lah yang paling sering muncul. Ha Long Bay memang destinasi wisata paling populer di Vietnam. Namun kini para traveler mulai melirik pulau di sebelahnya yang tak kalah indah dari Ha Long Bay dan less touristy, yaitu Cat Ba Island.

Cat Ba Island adalah pulau terbesar di Ha Long Bay. Pulau ini menawarkan wisata alam yang relaks seperti trekking, hiking, kayaking, canoeing, maupun bermain di pantai- pantainya. Di pulau ini ada banyak hotel, bar, restoran yang semuanya tergolong sangat murah untuk standar wisata di Indonesia.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Pulau cantik ini berjarak 150 kilometer di utara Hanoi. Untuk berwisata kesana kita perlu mengambil paket tur perjalanan yang banyak ditawarkan di hotel, hostel dan travel agent di Hanoi. Lama tur bisa dipilih sesuai keinginan seperti 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam.

Untuk paket tur 2 hari 1 malam harganya 500.000 dong atau sekitar Rp250.000 yang mencakup transportasi bus dan kapal pulang pergi, hotel 1 malam termasuk dengan sarapan. Sangat terjangkau, bukan?

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Bus akan menjemput para turis di lokasi - lokasi strategis misalnya di kawasan Old Quarter dan berangkat jam 8 pagi. Perjalanan menuju pelabuhan memakan waktu sekitar 4 jam. Sesampainya di pelabuhan, para turis akan dibawa menuju kapal yang sudah siap diberangkatkan menuju Cat Ba Island. Setelah berpesiar selama 30 menit maka sampailah kita di Cat Ba Island.

Cat Ba Island ini telah disahkan pemerintah Vietnam sebagai taman nasional dan diakui UNESCO sebagai Biosphere Reserve The World sejak tahun 2004. Taman nasionalnya berada di bagian utara dan tengah pulau sementara bagian selatan pulau yang disebut kota Cat Ba merupakan pusat turisme dan tempat tinggal warga setempat.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Ada banyak hotel yang berjejer di tepi pantai dan hebatnya tarif hotel disini sangat murah. Salah satu hotel yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Full Moon Party Hotel yang bertarif 220.000 dong atau 110.000 rupiah per malam, sudah termasuk sarapan.

Selain hotel, ada banyak restoran dan bar di sekitar hotel. Salah satu bar favorit para turis di kota Cat Ba adalah Oasis bar yang letaknya di dekat Full Moon Party Hotel. Bir disini sangat murah yaitu sekitar 10.000 - 20.000 dong atau Rp5.000 - 10.000 per gelas. Sangat murah bukan?

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Cat Ba Island bisa dibilang surga bagi para pecinta wisata alam. Kita bisa memilih destinasi yang ingin kita kunjungi disini mulai dari trekking dan hiking di Cat Ba National Park, berenang di Lan Ha Bay dan beberapa pantai lainnya, berperahu ke Monkey Island, berlayar ke Ha Long Bay, bermain kano, menikmati gugusan gunung kapur yang indah, atau mengunjungi tempat bersejarah seperti Hospital Cave dan Cannon Fort.

Selain itu bila kita ingin menjelajah Cat Ba Island, kita bisa menyewa motor dengan tarif 100.000 dong atau 50.000 rupiah per 12 jam. Motor bisa disewa di hotel atau tempat persewaan di kota Cat Ba.

Satu hal yang sangat dibutuhkan para traveler masa kini adalah koneksi internet. Seperti di banyak kota di Vietnam, di Cat Ba Island koneksi internetnya sangat cepat dan wifi gratis tersedia di semua restoran dan hotel bahkan di pelosok sekalipun.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Jadi bila anda berencana berwisata ke Vietnam utara, sempatkanlah mengkeksplor Cat Ba Island. Bila ingin menikmati Cat Ba Island saat lebih lengang, datanglah saat musim dingin (Januari - Februari). Suhu udara berkisar antara 11-16 derajat celcius.

Sedang saat musim panas seperti sekarang ini Cat Ba Island penuh dengan para turis baik warga Vietnam, turis bule maupun dari negara tetangga Tiongkok.

(fid)

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini