nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Bangun Pagi, Jangan Minum Kopi dan Lupa Sarapan jika Tidak Ingin Stres!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017 05:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 25 481 1743734 setelah-bangun-pagi-jangan-minum-kopi-dan-lupa-sarapan-jika-tidak-ingin-stres-h3gRuuXhqn.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

BANGUN pagi seharusnya membuat tubuh lebih rileks dan bugar. Tapi masih ada saja orang yang mengalami kebiasaan buruk yang merugikan dirinya.

Setelah 7 jam tidur, tubuh Anda benar-benar mengalami dehidrasi. Di waktu tersebut, Anda harus kembali menghidrasi tubuh dan tidak bergantung pada minuman berkafein.

Para ahli menyebutkan, hidrasi yang memadai harus dilakukan untuk membantu mengembalikan fungsi tubuh menjadi lebih baik. Anda juga akan lebih berkonsentrasi sebelum memulai aktivitas.

Ada kebiasaan tertentu yang perlu Anda hindari segera setelah bangun tidur. Jika tidak, Anda lebih cepat mengalami gangguan kesehatan yang tidak stabil.

Belum lagi, jika Anda menghilangkan kebiasaan buruk itu, pikiran menjadi tenang dan tubuh lebih bugar.

Karena itu, simak 6 larangan yang jangan dilakukan di pagi hari. Berikut ulasan lengkapnya, dikutip Boldsky, Rabu (26/7/2017).

Jangan langsung olahraga setelah bangun

Bangun pagi harusnya lebih santai dan tidak terburu-buru melakukan suatu hal. Seperti melakukan gym di pagi hari karena ada efek sampingnya.

Tapi kebiasaan ini banyak dilakukan ketika akhir pekan. Perlu diingat, Anda harus sarapan dan minum air putih secukupnya sebelum pergi berolahraga di pagi hari.

Tidak sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan setiap hari ya. Sarapan penting untuk membangun energi untuk beraktivitas.

Studi menunjukkan, seseorang yang tidak lupa sarapan dapat membangun metabolisme tubuhnya dengan baik. Dalam jangka panjang, Anda juga terbebas dari penyakit degeneratif seperti diabetes, gagal jantung, gagal ginjal, hingga ancaman hipertensi.

Sarapan penuh karbohidrat

Kalau Anda punya kebiasaan sarapan jangan makan nasi, kue, lontong, roti dengan selai, minumnya teh manis atau kopi. Baiknya Anda konsumsi makanan kaya serat, vitamin dan protein.

Makan sumber protein di pagi hari membantu mempertahankan massa otot tanpa lemak. Anda bisa mendapatkannya dari telur, ikan, serta daging ayam yang mudah diolah, sekaligus dicerna oleh tubuh.

Tidak melakukan peregangan

Saat tidur tubuh terasa kaku dan mungkin saat berbaring Anda melakukan posisi yang salah. Karenanya, lakukan peregangan otot agar tubuh lebih rileks. Hal ini juga membuat Anda lebih bugar dan tidak menyakiti diri sendiri.

Tidak langsung minum air putih

Begitu Anda bangun dari tempat tidur, Anda perlu segera mengambil sebotol air. Anda harus menghidrasi, karena tubuh kehilangan cairan selama 7-8 jam waktu tidur.

Minum air putih juga diperlukan untuk mengeluarkan racun yang terakumulasi dalam tubuh. Anda juga dapat membersihkan hati untuk mencegah perlemakan.

Memilih minum kopi

Awas, jangan memilih untuk minum kopi di pagi hari. Kebiasaan ini diklaim dapat meningkatkan hormon stres kortisol tingkat tinggi. Itu terjadi antara pukul 08.00-09.00.

Ketika Anda minum kopi, artinya memaksa tubuh untuk menghasilkan banyak hormon kortisol, yang sebaiknya tak dibutuhkan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini