nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keajaiban! Hanya Punya Peluang 1% Hamil, Seorang Survivor Kanker Lahirkan Bayi Laki-Laki

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017 09:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 25 481 1743935 keajaiban-hanya-punya-peluang-1-hamil-seorang-survivor-kanker-lahirkan-bayi-laki-laki-3UwO7PYTtS.jpg Sarah Pickles (Foto: Mirror)

KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian. Hingga kini, penyakit mematikan itu masih sulit untuk disembuhkan. Salah satu metode pengobatan kanker yang banyak dilakukan adalah kemoterapi. Kemoterapi terbilang efektif membunuh sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh sehingga mencegah perkembangannya.

Namun, selain membunuh sel-sel kanker, kemoterapi juga bisa menimbulkan efek lain. Salah seorang survivor kanker payudara, Sarah Pickles diperingatkan oleh dokternya bahwa dia tidak bisa memiliki anak lagi karena kemoterapi yang dilakukannya. Dokter juga memberikan kesempatan 1% pada Pickles untuk hamil lagi melalui program in vitro fertilization (IVF) atau yang dikenal dengan bayi tabung.

Pickles dan suaminya, Dave memang bermimpi untuk memberikan saudara laki-laki kepada anak perempuan mereka, Lilie yang berusia 7 tahun agar keluarga mereka menjadi lengkap. Keduanya pun tidak berharap banyak dengan metode IVF yang dia lakukan. Tapi ternyata, kesempatan kecil itu benar-benar bisa membuat Pickles hamil lagi.

(Foto: Dailymail)

Awalnya Pickles tidak memercayai kehamilan keduanya. Pickles mengetahui dirinya hamil ketika berobat dengan keluhan sakit punggung karena takut kankernya muncul lagi. “Saat itu perawat yang memeriksa saya bertanya apakah saya hamil atau tidak? Tentunya saya menjawab tidak karena saya pikir saya tidak mungkin hamil,” ungkap Pickles seperti yang dikutip dari Daily Mail, Rabu (26/7/2017).

Kemudian Pickles menjalani tes kehamilan dan sepuluh hari kemudian perawat kembali dengan hasil tes yang menunjukkan bahwa dia hamil. “Ketika mendapati diri saya hamil dan kondisi janin dalam kandungan baik-baik saja, saya tidak tahu harus berkata apa. Terlebih saat itu suami saya tengah memimpin ekspedisi ke Everest,” ujar Pickles. Dia pun memberi tahu suaminya bahwa dia tengah mengandung melalui pesan di Facebook.

(Foto: Dailymail)

Pickles dan Dave merasa kehamilan kedua ini sangat sempurna. Selain karena kesempatannya hanya 1%, bayi yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki.”Setelah apa yang terjadi dan kami lalui bersama, saya tidak percaya bisa mendapatkan tambahan anggota keluarga. Saya dan suami merasa sangat bahagia dan beruntung memilikinya,” kata Pickles.

Pickles didiagnosis menderita kanker payudara pada tahun 2014. Di tahun 2015, pengobatan kemoterapi yang dijalaninya berhasil dan tujuh tumor yang ada di payudaranya telah diangkat. Bahkan, Pickles menjalani mastektomi ganda untuk mencegah kanker kembali muncul. (hel)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini