Rambut Tetap Cantik saat Bangun Pagi? Cepol Rambut dengan Scrunchie

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 26 194 1744341 rambut-tetap-cantik-saat-bangun-pagi-cepol-rambut-dengan-scrunchie-QKcLL2tAPM.jpg Menata Rambut (Foto: Divalikes)

TIDAK semua orang suka keramas di pagi hari, beberapa orang ada yang lebih suka keramas di malam hari. Perbedaan tersebut biasanya lantaran kebiasaan atau sekadar menyesuaikan dengan aktivitas.

Well, mencuci rambut di awal atau akhir hari memang tidak ada bedanya, asal dilakukan dengan tepat. Kendati demikian, keramas sebaiknya dilakukan saat pagi hari untuk menghindari timbulnya kerusakan dan rambut yang lepek.

Keramas di malam hari bukan tidak disarankan karena waktu melakukannya. Pasalnya, masalah akan muncul ketika Anda tidur dalam kondisi rambut yang masih basah. Kebiasaan tidur dalam kondisi rambut basah bisa membuatnya lebih mudah berminyak. Selain itu, hal tersebut juga bisa menyebabkan rambut menjadi mudah rusak. Ini disebabkan kutikula rambut yang terangkat setelah dikeramas membuat rambut jadi lebih mudah kusut.

Namun, jangan berkecil hati, bagi Anda yang senang mencuci rambut di malam hari, berikut ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menjaga rambut agar tidak rusak, seperti yang diungkapkan oleh celebrity hairstylist Creighton Bowman.

Tidur dengan sarung bantal sutra

Anda memang tidak disarankan tidur dalam kondisi rambut yang masih basah. Kendati demikian, jika terpaksa, sebaiknya tidur menggunakan sarung bantal sutra. "Ini membuat rambut Anda tidak kusut, sehingga Anda cukup berbaring di atas sarung bantal saat rambut basah. Menggunakan sarung bantal sutra mencegah rambut rusak. Ini juga baik untuk wajah karena tidak menyebabkan keriput," ujar Bowman, seperti dilansir Byrdie, Rabu  (26/7/2017).

Cepol rambut menggunakan scrunchie

Cara lain untuk mencegah rambut tidak rusak saat tidur adalah menggunakan scrunchie. Scrunchie atau ikat cepolan rambut ini tak akan membuat rambut menjadi rontok atau patah. Caranya, cukup cepol rambut dengan kencang dan rapi. Tidak punya scrunchie? Coba potong bagian atas kaus kaki lalu gunakan sebagai ikat cepolan rambut.

Kepang rambut dengan gaya loose

Selain mencepol rambut, Bowman menyarankan agar rambut dibuat kepang. Namun, pastikan tata rambut dengan gaya longgar dan terkesan berantakan.

"Ketidaksempurnaan dalam mengepang rambut adalah tatanan yang bisa diaplikasikan sebelum tidur. Ini yang membuat tampilan rambut terlihat keren. Jadi, tak perlu takut terlihat tidak sempurna," terang Bowman.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini