nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rutin Makan Bayam, Jeruk dan Pisang Bisa Bikin Hati Riang Gembira!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 05:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 26 298 1744394 rutin-makan-bayam-jeruk-dan-pisang-bisa-bikin-hati-riang-gembira-kcUu4Qiu4H.jpg Makan sayuran (Foto: Popsugar)

PASTI kita semua sudah tidak asing lagi dengan ungkapan, bahwa perut yang kenyang akan membuat hati senang.

Well, pada dasarnya perasaan senang atau mood yang baik memang ada kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi. Jika kemarin sudah dibahas, tentang deretan makanan dan minuman yang bisa membuat mood menjadi turun. Kini saatnya untuk juga mengetahui, makanan apa saja yang bisa membuat mood menjadi baik.

Sebagaimana disitat Purewow, Kamis (27/7/2017) sebuah hasil studi dari American Journal of Public Health, menyebutkan ada beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang dapat memberikan pengaruh baik bagi kesehatan mental. Maka dari itu, mengetahui sayur-sayuran dan buah-buahan apa saja yang bisa memperbaiki mood penting adanya untuk diketahui. Agar, ketika merasa mood sedang turun dan tidak bersemangat. Sederet sayur dan buah tersebut, bisa dijadikan sebagai salah satu solusi yang tepat.

1. Bayam : Jenis sayuran dengan warna hijau gelap, seperti bayam diketahui mengandung kandungan folat dan vitamin B yang tinggi. Di mana dua zat komponen ini, memberikan efek baik pada sel neurotransmitters sehingga membuat emosi atau mood bisa lebih terkontrol.

2. Citrus : Segala jenis buah citrus, seperti jeruk, clementine, hingga jeruk bali tidak hanya menawarkan kesegaran namun juga manfaat folat dan vitamin B yang menaikkan semangat seperti halnya sayur bayam.

3. Pisang : Tahukah bahwa buah satu ini kaya akan kandungan zat seperti potassium yang bisa meningkatkan fungsi kerja otak, lalu vitamin B6 yang meningkatkan serotonin sehingga memberikan efek tenang pada tubuh, lalu tryptophan yakni amino acid yang meningkatkan mood bahagia.

4. Beri : Buah-buahan beri, seperti blueberry, cranberries, dan stroberi hadir dengan kandungan karbohidrat dan glukosa yang dapat menurunkan irritability atau kondisi yang membuat rasa marah kerap muncul. Pilihan camilan yang mengenyangkan dan sehat bukan?

5. Asparagus : Asparagus yang kerap diolah menjadi sajian sup ini, adalah sumber dari serotonin, folat dan enzim yang bisa menurunkan kadar alkohol dalam tubuh. Maka dari itu, cocok untuk dikonsumsi ketika sedang merasa pusing atau mabuk, usai mengonsumsi minuman beralkohol.

6. Tomat ceri : Walau berukuran kecil, tomat ceri menyajikan kandungan lycopene, yakni salah satu komponen fat-soluble phytonutrient yang bisa membantu untuk menghentikan komponen peradangan dalam tubuh yang berhubungan dengan timbulnya rasa depresi.

7. Ubi manis : Salah satu alternatif sumber karbohidrat satu ini, ketika dikonsumsi akan meningkatkan level zat serotonin dalam tubuh yang memberikan efek menenangkan untuk tubuh.

8. Alpukat : Buah lezat satu ini hadir dengan kombinasi vitamin B dan potassium yang meningkatkan level zat serotonin dan menurunkan tekanan darah, sehingga diri akan merasa jauh lebih tenang dan rileks.

 

9. Paprika : Paprika disebutkan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga bisa membantu untuk memberhentikan produksi hormon stres, cortisol. Dari ketiga varian paprika, paprika berwarna kuning disebutkan memiliki manfaat paling baik baru diikuti oleh paprika warna merah dan hijau.

10. Kentang : Kentang, khususnya yang berjenis kentang biru punya kandungan zat anti-oksidan yang mengurangi inflammation atau situasi peradangan-menurunkan semangat (mood killer), juga kandungan iodine untuk meningkatkan pengaturan thyroid sebagai mood master dalam tubuh.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini