Samosa hingga Daging Kuda, 7 Makanan yang Dilarang Beredar di Negara Tertentu!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 26 298 1744476 samosa-hingga-daging-kuda-7-makanan-yang-dilarang-beredar-di-negara-tertentu-MmcG4Apedo.jpg Samosa (Foto: Youtube)

KETIKA berpergian, alias traveling melakoni kegiatan wisata kuliner memang menjadi salah satu kegiatan yang wajib untuk dilakoni.

Akan tetapi, patut diketahui bahwa ternyata tidak semua jenis makanan bisa beredar dengan bebas di seluruh negara di dunia. Tahukah bahwa ada sederet jenis makanan yang dilarang beredar di beberapa negara di dunia. Penasaran? Mari baca ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Makanan yang Dilarang Sejumlah Negara, Salah Satunya Permen Karet

 

1. Samosa di Somalia : Makanan yang terbuat dari tepung dan termasuk dalam jenis kudapan yang hadir dengan isian berupa irisan daging dan sayuran ini, ternyata dilarang beredar di Somalia sejak 2011. Alasannya, karena menurut grup kelompok bernama ‘Al-Shabaab’, samosa hadir dengan bentuk segitiga yang seolah melambangkan simbol agama Kristen yang menyiratkan simbol Holy Trinity.

 

2. Saus tomat di Prancis : Selain sebagai salah satu pusat mode dunia, Prancis juga dikenal dengan dunia kulinernya. Namun sayangnya, kehadiran saus tomat di negara satu ini telah dilarang. Pemerintah Prancis telah resmi melarang saus tomat sejak 2011 dari semua sekolah dasar di Perancis. Dengan begitu, kehadiran dan cita rasa asli makanan Prancis tidak terkalahkan oleh perasa tambahan seperti saus tomat.

3. Cokelat kinder di Amerika : Dengan alasan demi kesehatan, pemerintah AS menerapkan peraturan tegas untuk melarang penjualan cokelat kinder berbentuk telur yakni Kinder Surprise Eggs. Pemerintah menilai, mainan yang tersembunyi di dalam kemasan cokelat kinder ini bisa mengecoh anak-anak yang mengonsumsi cokelat tersebut dan bisa menyebabkan anak-anak menjadi tersedak.

BACA JUGA: Wow, Kubah Asmaul Husna Ini Berlapis 20 Kg Cokelat!

4. Permen karet di Singapura : Singapura terkenal sebagai negara yang menerapkan peraturan soal kebersihan yang sangat ketat. Maka tidak heran, sejak 1992 negara satu ini melarang segala bentuk distribusi baik itu penjualan atau peredaran segala macam jenis permen karet. Namun pada 2004, karena didesak oleh publik internasional Singapura sedikit melonggarkan peraturannya, dengan memperbolehkan permen karet berjenis terapi untuk perawatan gigi atau therapeutic dental.

5. Daging kuda di Amerika dan Inggris : Jangan terkejut apabila sedang mengunjungi Amerika dan Inggris, lalu tidak menemukan olahan makanan dari daging kuda. Pasalnya, kedua negara maju ini memang melarang daging kuda untuk digunakan sebagai produk makanan. Hal ini diterapkan untuk menekan angka pembunuhan kuda untuk dijadikan santapan makanan.

BACA JUGA: Dilarang Santap Daging Kuda di Amerika dan Inggris, Ini Penjelasannya!

6. Foie gras di Inggris : Foie gras atau sajian hati angsa muda, terkenal sebagai hidangan berkelas tinggi nan mewah. Di mana menu ini biasanya tidak sembarangan bisa disajikan, alias hanya bisa tersaji dalam kesempatan acara-acara tertentu saja. Akan tetapi, sajian foie gras tidak bisa ditemukan di negara-negara benua Eropa seperti Inggris, Amerika, bahkan India karena sejatinya foie gras dihidangkan setelah menjalani prosedur yang menyakitkan dan kejam untuk bebek dan angsa.

7. Daging sapi di India : Dengan latar belakang faktor keyakinan dan budaya yang berlaku di India. Memotong sapi lalu menjadikannya sebagai bahan makanan, adalah sebuah kejahatan yang patut diganjar hukuman di India. Maka dari itu, daging sapi sebagai makanan dilarang hadir di India, negara yang notabene berisi penduduk mayoritas beragama Hindu. Demikian seperti diwarta, Timesofindia, Kamis (27/7/2017).

BACA JUGA: Daging Sengkel Enaknya Dibikin Bakso, kalau Tetelan Dibikin Apa?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini