Jangan Pasang Kawat Gigi Sembarangan, Efeknya Risiko Penyakit Jantung!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 26 481 1744460 jangan-pasang-kawat-gigi-sembarangan-efeknya-risiko-penyakit-jantung-GF5WkVKYae.jpg Ilustrasi (Foto: Yubacitydentistry)

PENGGUNAAN kawat gigi belakangan ini sedang tren. Tapi masyarakat tidak boleh sembarang manggunakan tanpa arahan dokter.

Banyak sekali masyarakat pergi ke tukang gigi tidak bersertifikat demi mendapatkan estetika dengan memasang kawat gigi. Padahal banyak risiko yang bakal dialaminya, termasuk menjaga kesehatan giginya. (Baca Juga: Syarat Seseorang Boleh Pakai Kawat Gigi)

Sekertaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) drg Diono Susilo, MPH mengatakan, masyarakat harus sadar dengan teknologi kesehatan dan kegunaannya. Apalagi kalau melihat tren pasang kawat gigi, jangan sembarangan melakukan tanpa awasan dokter.

"Ada beberapa pasien yang pasang kawat gigi dari perawat atau tukang gigi. Padahal pekerjaan mereka hanya bikin gigi tiruan saja, bukan lebih dari itu," ujar dr Diono saat ditemui usai Press Conference Indonesia Dental Exhibition & Conference (IDEC) di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2017). (Baca Juga: Pasang Behel Bukan Buat Gaya, Ini Alasannya!)

Masyarakat diharapkan untuk menyadari dan waspada bila ingin melakukan perawatan gigi. Perlu diingat, penggunaan kawat gigi ini bukan sekedar untuk mendapatkan manfaat estetika.

Ada tujuan lainnya yaitu merawat gigi yang tidak tumbuh dengan optimal. Juga, menjaga kesehatan mulut agar terbebas dari penyakit berbahaya. (Baca Juga: Ini Pantangan Orang yang Pasang Behel)

"Masyarakat kalau sudah bicara kawat gigi pasti arahnya sesuatu (estetika). Padahal bukan ya, jangan ambil risiko," tambahnya.

Kalau sembarangan memasang kawat gigi, bisa terjadi kerusakan. Belum lagi dampak lain yang merugikan pasien. (Baca Juga: Alasan Pengguna Behel Harus Pakai Sikat Gigi Khusus)

Dampak memasang kawat gigi tanpa awasan dokter

dr Diono membeberkan dampak dari penggunaan kawat gigi sembarangan. Berikut ulasannya yang dirangkum Okezone:

Mengganggu fungsi pengunyahan

Gigi manusia sebanyak 32 jika lengkap. Ketika dipasang kawat gigi selain oleh dokter, biasanya yang terpasang mencakup 24 gigi saja.

Akibatnya, fungsi pengunyahan menjadi terganggu. Tadinya ingin mendapatkan manfaat estetika dengan pasang kawat gigi, dampaknya justru sebaliknya. Posisi gigi tidak rata, serta risikonya juga dapat menimbulkan gigi tumbuh di luar posisi.

Merusak gigi

Setiap dokter yang memasang kawat gigi harus mengikuti prosedur yang tepat. Karena dari segi posisi letak gigi dapat terganggu bila tidak dipasang dengan pas. Hasilnya tidak rapi dan fungsi giginya menjadi rusak.

Penyakit degeneratif

Karena memasang kawat gigi sembarangan sampai memicu kerusakan gigi, di masa tua juga anda berisiko terdeteksi penyakit degeneratif. Banyak peneliti mendeteksi kaitan antara penyakit jantung dan kerusakan gigi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini