Share

Apron Khas Kedai Kopi asal Amerika Ini Ternyata Punya Banyak Makna!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 27 298 1744855 apron-khas-kedai-kopi-asal-amerika-ini-ternyata-punya-banyak-makna-nV9Mamoi0g.png Barista (Foto: Businessinsider)

TIDAK hanya nama sesuatu, yang hadir dengan berbagai arti definisi di dalamnya. Begitupun halnya dengan warna.

Seperti misalnya yang disiratkan oleh kedai kopi ternama asal Amerika, Starbucks terhadap pemilihan warna untuk masing-masing apron nya. Biasanya kita sudah familiar dengan apron warna hijau, seperti warna dari lambang kedai kopi tersebut. Namun, ketika diperhatikan lebih seksama lagi, kedai kopi ternama ini juga menghadirkan apron berwarna hitam, orange, merah, dan bahkan warna ungu!

Apron dengan berbagai pilihan warna tersebut bukan hanya dipilih untuk sekedar menghadirkan semarak warna-warni meriah. Di mana setiap warna apron tersebut, memiliki makna dan kode tertentu loh!

BACA JUGA: Geliat Pesat Petani Kopi di Lampung agar Robusta Jadi Unggulan di Tanah Air

Seperti keterangan yang tertulis pada situs resmi Starbucks, disebutkan untuk apron atau celemek warna hijau adalah apron standar yang bisa digunakan oleh setiap karyawan Starbucks. Namun, bisa ditambahkan dengan bordiran bendera Amerika jika sang karyawan tersebut telah pernah menjalani program militer.

 

Lain lagi dengan karyawan yang spesial lulus dari program akademi Starbucks College Achievement Plan. Di mana para karyawan tersebut nantinya, akan menerima apron dengan sulaman khusus mortarboard. Menariknya, bahkan kedai kopi satu ini juga memikirkan karyawan spesial berkebutuhan khusus seperti barista yang tuli, maka apron yang digunakan adalah apron dengan bordiran embroidery kata "Starbucks" dalam bentuk bahasa isyarat.

 BACA JUGA: Ekspor Kopi Olahan, Fokus Majukan Industri Kopi Tanah Air

Disebutkan lebih lanjut, celemek berwarna khusus juga disiapkan untuk momen-momen spesial. Seperti misalnya apron warna oranye, untuk di Belanda yang dipersiapkan untuk merayakan King’s Day. Lalu ada juga apron warna merah, yang hanya bisa dimiliki sebanyak dua buah oleh setiap satu toko kedai kopi. Atau apron warna biru ketika program Frappuccino Happy Hour sedang dirilis. Serta apron warna ungu yang sangat langka untuk para barista yang berhasil memenangkan kejuaraan khusus untuk barista, di mana satu apron ungu ini diperebutkan oleh dua puluh enam orang barista dari seluruh dunia.

Sedangkan celemek warna hitam dengan sulaman huruf bertuliskan Coffee Masters, tampaknya menjadi apron dengan tingkat yang paling tinggi. Pasalnya, apron satu ini adalah celemek yang digunakan untuk “Coffee Masters” atau para ahli kopi yang telah memegang sertifikat resmi sebagai ahli kopi profesional. Demikian seperti diwarta Bonappetit, Rabu (26/7/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini