Tidak Hanya Fit, Gaya Hidup Sehat Memperpanjang Usia hingga 7 Tahun

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 27 481 1744726 tidak-hanya-fit-gaya-hidup-sehat-memperpanjang-usia-hingga-7-tahun-7ywbLTa5qT.jpg Ilustrasi (Foto: Thebreastcaresite)

GAYA hidup sehat adalah hal yang paling banyak disarankan untuk menjaga kondisi tubuh selalu fit. Bahkan, sebuah penelitian yang baru dilakukan mengungkapkan gaya hidup sehat bisa memperpanjang hidup hingga 7 tahun. Penelitian yang dipublikasikan di Health Affairs itu dilakukan oleh ilmuwan dari University of Michigan dan Max Planck Institute untuk riset demografi .

Para peneliti menganalisis data lebih dari 14.000 orang Amerika yang berusia 50-89 tahun. Peserta penelitian disurvei mengenai kesehatan dan gaya hidup yang mereka jalani setiap 2 tahun. (Baca Juga: Diet Okinawa, Rahasia Panjang Umur Orang Jepang)

Secara keseluruhan, pria dan wanita yang turut serta dalam penelitian ini memiliki angka harapan hidup masing-masing 77,7 dan 81,4 tahun. Mereka tidak merokok dan memiliki indeks massa tubuh kurang dari 30 cenderung hidup 4 sampai 5 tahun lebih lama. (Baca Juga: 4 Rahasia Panjang Umur yang Wajib Anda Tahu)

Berdasarkan laporan, tambahan tahun kehidupan itu cenderung sehat dan bebas dari kecacatan atau keterbatasan dalam aktivitas sehari-hari seperti bangun tidur, berjalan, dan makan. Usia yang lebih panjang terjadi pada mereka yang menerapkan perilaku tidak merokok, mempertahankan berat badan normal, dan konsumsi alkohol moderat. Mereka yang mengonsumsi alkohol kurang dari 14 gelas untuk pria dan 7 gelas untuk wanita dalam seminggu bisa memperpanjang usianya hingga 7 tahun. (Baca Juga: Peneliti Ungkap Rahasia Panjang Umur, Resepnya Sederhana, Positive Thinking)

Dalam hal kesehatan masyarakat, penulis utama penelitian, Neil Mehta menyebut tahun-tahun ekstra kehidupan adalah keuntungan besar. “Kami menemukan bahwa individu yang memiliki gaya hidup sehat masih bisa hidup beberapa tahun lagi dari angka harapan hidup. Temuan ini memiliki implikasi bukan hanya untuk individu dan keluarganya tetapi juga pada sistem perawatan kesehatan secara menyeluruh,” ungkap asisten profesor Mehta seperti yang dikutip dari Health, Kamis (27/7/2017).

Peneliti berharap hasil temuan mereka ini bisa menjadi peringatan bagi penduduk Amerika Serikat. Sebab, di negara itu sebanyak 80% orang yang berusia 50-an masih merokok, obesitas, dan juga mengalami keduanya. (Baca Juga: Tidak Ada Rahasia Khusus Umur Panjang dari Wanita Berusia 114 Tahun?)

Hal itu membuat angka harapan hidup Amerika Serikat lebih rendah dibanding negara-negara maju lainnya. Faktor penyebabnya sering dikaitkan dengan sistem perawatan kesehatan yang tidak sehat.

Tapi, mereka yang menerapkan gaya hidup sehat dengan tidak merokok, menjaga berat badan normal, dan sedikit mengonsumsi sedikit alkohol memiliki tingkat harapan hidup yang lebih tinggi dibanding Jepang yang dikenal dengan populasinya memiliki umur panjang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini