Jangan Buang Percuma Waktu Senggang, Olesi SPF ke Telinga untuk Kurangi Risiko Kanker Kulit

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 27 481 1745201 jangan-buang-percuma-waktu-senggang-olesi-spf-ke-telinga-untuk-kurangi-risiko-kanker-kulit-s51QDPEfFD.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

TUBUH yang sehat adalah refleksi dari apa yang Anda berikan kepada tubuh sendiri. Semakin Anda menjaganya dari risiko kerusakan, maka semakin sehatlah tubuh.

Kebiasaan Anda setiap hari menjadi salah satu point penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari bangun tidur sampai bersiap masuk ke alam mimpi. Segala aktivitas yang Anda lakukan itu, berdampak langsung pada tubuh.

Dilansir dari InStyle, kebiasaan-kebiasaan ini mungkin terabaikan oleh Anda. Padahal, dengan rutin melakukannya, Anda akan mendapatkan kesehatan yang lebih baik ubtuk tubuh Anda. Tidak sulit, hanya butuh semenit untuk melakukan seluruh rangkaian kebiasaan ini. Berani coba? Simak yuk!

1. Olesi SPF di Telinga

Kebanyakan dari Anda tentunya menggunakan pelembap kulit atau sekadar hand and body lotion untuk membuat kulit tetap sehat dan segar. Mulai sekarang biasakan untuk mengolesi SPF ke telinga Anda juga, ya. Sebab, telinga Anda memiliki titik kanker kulit yang paling tinggi. Bila diabaikan terlalu lama, Anda tentu tahu apa dampaknya! (Baca Juga: Nih Bahayanya Tidur di Ruangan yang Menggunakan AC)

2. Rutin Konsumsi Smoothie

Banyak dari masyarakat kita lebih percaya pada kunyit untuk membuat tubuh lebih sehat. Boleh saja, tapi menurut Penulis Eat Right When Time is Tight Patricia Bannan, ketumbar menyimpan manfaat yang lebih dari kunyit. Smoothie yang ditambahkan ketumbar akan menjadi minuman yang lebih sehat. Sebab, ketumbar mengandung campuran minyak nabati yang bisa menenangkan usus. Selain itu, bisa juga untuk meredakan kembung dan membuat perut Anda rata! (Baca Juga: Gawat! Tren Penyakit Hepatitis di Indonesia Semakin Meningkat, Apa Sebabnya?

3. Mulai Melakukan Hal Besar

Tanyakan pada diri Anda, "Langkah kecil apa yang bisa saya ambil saat ini yang akan membuat saya lebih dekat dengan salah satu tujuan saya?" Saran Pagoto. Misalkan Anda ingin berolahraga lebih teratur. Anda bisa mendownload aplikasi olahraga yang tersedia di ponsel pintar Anda. Memberi tahu teman untuk mengundangnya ke kelas spin atau kirim email ke grup untuk perjalanan hiking. "Terkadang memulai adalah bagian tersulit," catat Pagoto. Anda bisa menggunakan langkah pertama itu sebagai batu loncatan untuk kebiasaan yang lebih besar. (Baca Juga: Ibu Hamil Rentan Tularkan Hepatitis B, Segera Suntikkan Vaksin kepada Bayi Setelah Lahir)

4. Jaga Selalu Kesehatan Mulut dan Gigi

Ingat terakhir bertemu dokter gigi? Mulai sekarang, Anda harus rutin periksakan gigi dan mulut ke dokter gigi. Minimal 2 kali dalam setahun. Anda harus paham, menghilangkan bakteri dan menjaga agar gigi dan gusi Anda bebas dari penyakit, kata American Dental Association, adalah hal yang penting. Ini bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama: Menurut sebuah penelitian pada 2011 terhadap orang dewasa yang lebih tua, mereka yang memiliki masalah gigi risiko 30 persen lebih tinggi untuk meninggal dalam penelitian dibandingkan dengan kebiasaan bercinta setiap hari. (Baca Juga: Lakukan Ini Jika Anda Terinfeksi Hepatitis B dan C)

5. Gunakan Waktu Senggang untuk Hal yang Lebih Sehat

Sebelum makan siang, biasanya tubuh memberi tanda "minta diisi". Nah, penentuan camilan yang tepat cukup berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Daripada Anda makan cokelat yang memang enak rasanya, ada baiknya Anda melakukan stretching kecil atau sekedar jalan-jalan di area kantor.

Tapi, bila Anda memang butuh asupan makanan, kacang bisa jadi pilihannya. "Ngemilin" satu ons kacang sehari, dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 39 persen, penyakit jantung sebesar 21 persen, dan kanker sebesar 15 persen.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini