nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penggunaan Lipstik hingga Mandi Terlalu Sering, Penyebab Kulit Kering yang Tak Anda Sadari

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 09:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 28 194 1745477 penggunaan-lipstik-hingga-mandi-terlalu-sering-penyebab-kulit-kering-yang-tak-anda-sadari-tkxDS7tDdc.jpg Kulit Kering (Foto: Health News)

KULIT kering merupakan masalah yang kerap kali dialami oleh sebagian besar orang. Khususnya bila saat udara dingin, kulit memang akan menjadi lebih kering.

Kulit pecah-pecah, merah, gatal, dan mengalami iritasi adalah beberapa kondisi yang menggambarkan masalah kulit kering. Dan, disadari atau tidak masalah kulit kering ternyata dipicu oleh gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari.

 Baca Juga: Uniknya Ritual Adat Buang Jung, Upacara Istirahatkan Laut di Bangka Selatan

Sebut saja dengan banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan berudara dingin. Inilah yang menyebabkan kondisi kulit menjadi ekstra kering.

"Orang-orang kalau kepanasan pasti langsung cari ruangan dingin. Padahal berlama-lama di ruangan ber-AC membuat kulit menjadi tidak nyaman dan menderita karena kekurangan cairan sehingga kulit dehidrasi," terang dr Tjut Nurul Alam Jacoeb, SpKK, dalam sebuah acara di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Dalam kondisi tersebut, bibir juga akan kehilangan kelembapannya sehingga lapisa atas bibir akan kering. Jadi, muncul retak-retak atau biasa disebut bibir pecah-pecah," tambahnya.

Namun, tak hanya itu saja, berikut adalah beberapa penyebab utama kulit kering yang mungkin tak Anda sadari.

 Baca Juga: Ketampanan Mantan Model 50 Tahun Bikin Netizen Terpana!

Lipstik

Hampir setiap hari wanita selalu memulaskan bibirnya dengan lipstik. Namun, tahukah Anda bila semahal dan secantik apa pun lipstik yang dimiliki dan dipulaskan, ini dapat merusak lapisan kulit bibir?

Barefoot

Barefoot atau tanpa menggunakan alas kaki alias telanjang juga bisa menyebabkan kulit kering. Terutama pada area tumit sehingga menjadi pecah-pecah.

"Kelihatannya rumah memang bersih, jadi enggak pakai sandal atau barefoot. Nah, rupanya kulit bila bergesekan dengan keramik akan menyebabkan pecah-pecah. Tak ada salahnya meski di tempat bersih sekali pun menggunakan alas kaki," papar dokter yang akrab disapa Poppy ini.

Air liur

Jika bibir sedang kering, tanpa disadari Anda mungkin akan membasahi bibir degan air liur menggunakan lidah. Hal ini justru dapat memicu bibir semakin kering, loh.

"Air liur itu mengandung enzim yang bisa menghancurkan lapisan pelindung bibir," ujarnya.

Mandi terlalu sering

Apakah Anda salah satu yang sering melakukan kebiasaan mandi lebih dari dua kali? Well, jika iya, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut lantaran dapat menyebabkan kulit kering.

"Udara yang panas terkadang membuat orang jadi ingin sering mandi. Apalagi bagi mereka yang kerjanya di luar ruangan. Mandi terlalu sering bisa membuat kulit menjadi kering," papar dokter yang tahun ini genap berusia 60 tahun itu.

Selain itu, Poppy juga menyarankan agar saat mandi menggunakan air bersuhu kamar, yakni tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini