nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BEAUTY CAPTURE: Atasi Ruam pada Bayi hingga Menghilangkan Bekas Luka, Khasiat dari Petreleum Jelly yang Belum Orang Tahu

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 16:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 28 194 1745677 beauty-capture-atasi-ruam-pada-bayi-hingga-menghilangkan-bekas-luka-khasiat-dari-petreleum-jelly-yang-belum-orang-tahu-phpac9zyL0.jpg Ilustrasi produk kecantikan kulit (Foto: Healthbuffer)

SEBAGIAN besar dari Anda mungkin sudah kenal dengan produk bernama petroleum jelly. Ya, pelembap dengan campuran mineral oil, paraffin, dan hidrokarbon yang dikemas menjadi satu dalam bentuk gel berwarna putih bening ini memang memiliki segudang manfaat.

Petroleum jelly bekerja dengan cara menciptakan pembatas antar sel sehingga mengunci kelembapan dan mempercepat proses perbaikan alami kulit dari dalam. Fungsi zat occlusive-nya memungkinkan untuk memperbaiki kulit kering, pecah-pecah, luka gores kecil, mengelupas, hingga luka bakar.

Namun, ternyata masih banyak manfaat lain dari petroleum jelly ini, loh. Apa sajakah? Berikut ulasan selengkapnya.

BACA JUGA: Khasiat Petroleum Jelly untuk Memperbaiki Kulit Ekstra Kering

Melembapkan bibir

Hampir setiap hari wanita selalu memulaskan bibirnya dengan lipstik. Namun, tahukah Anda bila semahal dan secantik apa pun lipstik yang dimiliki, ini dapat merusak lapisan kulit bibir?

"Lapisan kulit bibir lebih tipis sehingga lebih mudah mengelupas. Nah, petroleum jelly bisa dioleskan. Caranya setiap menghapus lipstik gunakan petroleum jelly, kemudian sebelum tidur oleskan petroleum jelly agar bibir tetap lembap," terang Dr dr Tjut Nurul Alam Jacoeb, SpKK, yang ditemui seusai mengisi acara di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, kemarin.

Bahkan, menurutnya, petroleum jelly lebih baik dibandingkan lip balm yang mengandung perasa. Di mana zat perasa tersebut yang dapat merusak lapisan kulit bibir.

Menghapus make-up

Make-up umumnya mengandung minyak yang berguna agar melekatkannya pada kulit. Penggunaan sabun pembersih saja tidak cukup untuk menghapus riasan wajah. Karena itu, sebaiknya dalam menghapus make-up dilarutkan kembali dengan produk berbahan minyak, seperti petroleum jelly.

"Tidak apa-apa menggunakan petroleum jelly untuk membersihkan make-up. Asalkan, sesudahnya tetap cuci muka menggunakan sabun dan dilanjutkan dengan penggunaan toner," saran wanita yang akrab disapa Poppy ini.

Hal ini rupanya dilakukan pula oleh penyanyi Widi B3 dalam keseharian. Sebagai penyuka berbagai warna lipstik, ia kerap menggunakan petroleum jelly untuk menghapus lipstik hingga make-up.

"Dibandingkan menggunakan lip remover, aku pakai petroleum jelly untuk hapus warna lipstik sampai make-up juga," ujar Widi yang ditemui dalam acara dan lokasi yang sama.

 BACA JUGA: BEAUTY CAPTURE: Produk Perawatan Kulit Paling Aman yang Terbuat dari Bahan Alami!

Menghilangkan bekas luka

Bila Anda mempunyai bekas luka yang sulit hilang, seperti luka terjatuh atau luka bakar, petroleum jelly mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Oleskanlah di bagian tubuh yang terdapat bekas luka. Diamkan dan biarkan hingga mengering. Gunakan setiap hari agar bekas luka cepat pudar.

"Suami saya (Dwi Sasono-red) lagi senang-senangnya melakukan yoga. Nah, biasanya siku atau lututnya jadi lecet, jadi aku sarankan dia untuk pakai petroleum jelly," tambah Widi.

Mengatasi ruam

Selain mengatasi luka, masalah ruam yang dialami juga dapat diperbaiki menggunakan petroleum jelly. Misalnya, ruam akibat penggunaan pembalut pada wanita dan popok pada bayi.

"Penekanan yang kencang sehingga bisa merusak lapisan kulit paling atas. Sel-sel kulit berubah jadi lebih kecil dan tidak berfungsi menutup saraf dan pembuluh darah. Karena itu, jadi mudah terasa gatal dan memerah, maka diperlukan pelindung. Salah satunya menggunakan petroleum jelly," papar dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

 BACA JUGA: Mau Kulit Nampak Lebih Muda? Ini Rahasianya!

Meredakan masalah tumit pecah-pecah hingga terlalu ketat mengikat tali sepatu

Masalah tumit pecah-pecah memang kerap dialami oleh sebagian besar wanita. Salah satu penyebabnya adalah kulit telapak kaki yang bergesekan dengan keramik. Nah, untuk meredakan dan membuatnya tetap lembap oleskan petroleum jelly setiap malam sebelum tidur, kemudian gunakan kaus kaki.

"Biasanya wanita kalau pakai sepatu yang tidak dikaitkan atau diikat terlalu ketat rasanya kurang cantik. Nah, ini mengakibatkan penekanan sehingga lapisan kulitnya bisa hilang. Jadi, sebelum dipakai oleskan dulu petroleum jelly," tutup dokter berusia 60 tahun itu.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini