nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengatasi Kulit Ekstra Kering, Cukupkah Hanya dengan Losion?

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 30 Juli 2017 09:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 28 194 1745994 mengatasi-kulit-ekstra-kering-cukupkah-hanya-dengan-losion-uohvnWSZ18.jpg Lotion (Foto: Homeveda)

KULIT kering hingga berujung pada pecah-pecah tentu sangat meresahkan. Selain dapat mengganggu penampilan, kulit kering juga bisa meninggalkan rasa perih.

Kulit pecah-pecah, merah, gatal, dan mengalami iritasi adalah beberapa kondisi yang menggambarkan masalah kulit kering. Dan, disadari atau tidak masalah kulit kering ternyata dipicu oleh gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari.

 BACA JUGA: Cara Cepat Mengatasi Kulit Kering

Sebut saja dengan banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan berudara dingin. Inilah yang menyebabkan kondisi kulit menjadi ekstra kering.

Jika dibiarkan, lama kelamaan hal tersebut dapat berujung pada kerusakan kulit dengan tingkat yang lebih tinggi. Bukan tak mungkin ini dapat berujung pada penyakit kulit yang lebih parah, seperti eczema.

"Kalau sudah mulai terasa gatal, itu tandanya sudah ada kerusakan yang lebih tinggi. Apalagi ditandai dengan kulit memerah, itu berarti pembuluh darah mulai terusik oleh lingkungan. Kalau pelindung kulitnya hilang, yang awalnya kering bisa memberikan sensasi yang lebih dahsyat. Seperti gatal dan kulit memerah menjadi eczema," papar dr Tjut Nurul Alam Jacoeb, SpKK, dalam sebuah acara di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, belum lama ini.

 BACA JUGA: Kulit Terasa Kering dan Tidak Nyaman? Simak Tips Berikut untuk Mengatasinya!

Kebanyakan orang berpikir jika kulit kering bisa diatasi dengan pengaplikasian body lotion. Padahal, menurut dokter yang akrab disapa Poppy ini, body lotion saja tidak cukup untuk mengatasi permasalahan kulit kering bahkan ekstra kering sekali pun.

"Kalau kondisi kulitnya kering biasa saja, memang karena suasana lingkungan yang kelembapannya berkurang maka pakai body lotion ringan tidak apa-apa. Tapi, kalau kondisi kulitnya ekstra kering, atau sedang berlibur di negara yang empat musim. tubuh sendiri memerlukan kadar air yang cukup, sehingga dibutuhkan zat yang occlusive, yakni petroleum jelly," terang dr Poppy, sapaan akrabnya.

 BACA JUGA: Kulit Kering dan Nampak Kusam? Lebih Baik Atasi dengan Bahan Alami

Petroleum jelly sendiri bekerja dengan cara menciptakan pembatas antar sel sehingga mengunci kelembapan dan mempercepat proses perbaikan alami kulit dari dalam. Fungsi zat occlusive-nya memungkinkan untuk memperbaiki kulit kering, pecah-pecah, luka gores kecil, mengelupas, hingga luka bakar.

Oleskan petroleum jelly kapan saja bila kulit terasa ekstra kering. Aplikasikan dengan memberi pijatan ringan hingga jelly meresap sempurna ke lapisan epidermis kulit.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini