nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Coba Adu Keberuntungan dengan Mesin Kapsul Makanan Jepang Satu Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 13:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 28 298 1745618 coba-adu-keberuntungan-dengan-mesin-kapsul-makanan-jepang-satu-ini-GmhFHg8YH7.jpg Kapsul makanan Jepang (Foto: Rocketnews24)

SUDAH bukan menjadi rahasia lagi, bahwasanya Jepang sebagai negara maju hadir dengan sederet perkembangan tekhnologi sangat maju.

Di mana perkembangan teknologi maju di Jepang ini, tentunya sangat berpengaruh pada pola ritme gaya hidup masyarakatnya. Seperti dengan perwujudan, aneka mesin canggih salah satunya ialah mesin kapsul makanan.

 

Kehadiran mesin kapsul otomatis di Jepang sendiri, memang bukan merupakan hal asing lagi. Jepang, sudah sekian lama menghadirkan jenis mesin kapsul otomatis. Contohnya mesin kapsul bandana kucing, sampai mesin kapsul surat cinta.

Kini, mesin kapsul makanan yang hadir di area peristirahatan, Nishiki Service Area Orisen, di area Hyogo yang bernama 'Gachapon' inilah yang sedang menjadi pembicaraan hangat. Mesin kapsul makanan ini hadir bisa dibilang sebagai, mesin adu keberuntungan. Cara kerja mesin kapsul makanan ini bukan dengan mengeluarkan satu set paket menu makanan, seperti halnya mesin kapsul atau vending machine minuman. Namun melainkan, mengeluarkan tiket atau kupon makanan secara acak dari kurang lebih dua puluh set menu yang disediakan di food court rest area tersebut.

BACA JUGA: Lezatnya Mazesoba, Mi Khas Jepang hingga Nasi Goreng Jepang untuk Makan Siang

Sebagaimana diwarta Rocketnews24, Jumat (28/7/2017) mesin kapsul makanan ini dihadirkan dengan konsep untuk mempermudah dan mengurangi beban pikiran dan waktu orang-orang yang sedang melakukan perjalanan. Seperti diketahui, orang-orang yang sedang menempuh perjalanan kerap merasa letih dan tidak punya banyak waktu untuk sekedar memikirkan dengan seksama menu makanan apa yang ingin disantap.

Dengan metode ini, disebutkan sebetulnya para pengunjung akan jauh lebih diuntungkan. Pasalnya dengan ragam menu yang dihadirkan, pada dasarnya para pengguna mesin kapsul makanan ini bisa mendapatkan satu set menu makanan yang sebetulnya berharga jauh lebih mahal daripada jumlah nominal uang yang dimasukkan ke dalam mesin kapsul makanan tersebut.

Karena, dua mesin kapsul makanan ini yakni Gacha Meshi dan Gacha Meshi Mini, masing-masing hanya meminta nominal uang senilai 500 yen (USD4,5) yang sekira dengan Rp54000 dan 300 yen. Sedangkan menu yang disajikan seperti misalnya, Tajima Beef Zukushi set saja biasanya bisa dibanderol seharga 2000 yen (USD18) atau sekira Rp243000!

 

Akan tetapi di satu sisi, pilihan nasib akan pilihan set menu yang akan disantap benar-benar merupakan pilihan mutlak yang sudah ditentukan acak oleh mesin kapsul tersebut. Sehingga kita tidak bisa lagi melakukan refunds atau penggantian set menu makanan dengan set menu makanan yang lainnya, dan jika tidak senang dengan pilihan yang ada maka satu-satunya cara adalah dengan mengeluarkan lagi dana tambahan untuk bisa kembali mendapatkan tiket kupon dari mesin kapsul makanan tersebut. Namun, jika kondisi khusus seperti misalnya alergi makanan terjadi. Disebutkan, pihak rest area dapat melakukan perubahan menu makanan.

 BACA JUGA: Bingung Makan di Mana? 3 Resto Jepang Ini Siap Dikunjungi

Berikut daftar set menu yang tertera pada mesin kapsul sebagai keterangan gambar pilihan menu :

Peringkat B

Aneka udon atau soba

Curry Rice

Peringkat A

Udon atau soba set

Gyusuki Don (Sukiyaki Beef on Rice)

Katsu Don (Pork Cutlet on Rice)

Oyako Don (Chicken and Egg on Rice)

Peringkat S

Ramen Set

Pork Ramen

Chilled Izushi Soba

Katsu Curry (Pork Cutlet and Curry Rice)

Tajima Beef Udon atau soba

Peringkat SS

Tajima Gyudon (Beef on Rice)

Chilled Izushi Soba with Tajima Beef

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini