nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

COOKING GADGET: Wajib Tahu! 7 Alat Sederhana yang Diperlukan untuk Masak Semur Enak!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 21:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 28 298 1745857 cooking-gadget-wajib-tahu-7-alat-sederhana-yang-diperlukan-untuk-masak-semur-enak-5X1dtJQ7Fr.JPG Ilustrasi semur (Foto: Istimewa)

TIDAK dapat disangkal, banyak orang yang jika mendengar kata hidangan semur maka langsung beranggapan bahwa sajian satu ini termasuk dalam kategori masakan yang cukup rumit untuk dibuat tidak hanya dari segi bahan-bahan makanan namun juga dari segi peralatan memasak yang dibutuhkan.

Well, padahal membuat hidangan semur tidak harus dengan menggunakan peralatan memasak yang macam-macam atau rumit kok. Sederet alat memasak sederhana yang terdapat di rumah pun, bisa digunakan untuk membuat sajian semur yang lezat. Apa saja alat-alat masak sederhana tersebut? Mari baca ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: RESEP NENEK: 3 Kreasi Semur dari Pulau Kalimantan, dari Semur Pontianak hingga Semur Banjarmasin

1. Panci : Beberapa dibuat tanpa melalui proses penumisan, tetapi bisa langsung direbus. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan panci. Untuk menggunakan panci, pilihlah panci yang tidak terlalu dalam agar isi semur mudah terlihat.

 

2. Alat memarkan daging : Alat ini berguna untuk memarkan daging sapi, agar lebih mudah matang. Bila tidak ada, gunakan alat lumpang. Proses mememarkan daging dilakukan dengan cara ditumbuk, jangan dilakukan terlalu keras agar tekstur daging tidak rusak. Lebih baik tutup daging dengan sehelai plastik, baru memarkan daging di atas plastik.

3. Parutan : Hampir semua semur menggunakan biji pala, inilah mengapa parutan keju dibutuhkan untuk memarut biji pala. Hindari menggunakan parutan yang terdiri dari bermacam-macam parutan di dalam satu alat agar tidak sulit saat menampung hasil parutannya tersebut.

4. Wajan : Pembuatan semur terkadang diawali dengan proses penumisan, karena itu memasak semur akan lebih enak dilakukan di dalam wajan yang agak dalam sehingga setelah menumis, proses pembuatan semur bisa tetap dilakukan di wajan yang sama. Agar bumbu tidak lengket di dalam wajan, gunakanlah wajan dari bahan teflon atau yang berlapis keramik.

  BACA JUGA: Tusuk Daging Semur dengan Garpu agar Empuk dan Bumbu Lebih Meresap

5. Ulekan dan lumpang: Sebagian orang lebih suka menghaluskan bumbu dengan cara diulek, sebagian lagi lebih suka menumbuknya di dalam lumpang. Pakai ulekan atau lumpang yang terbuat dari batu, bukan semen ataupun keramik karena bahan batu tidak akan rontok ketika digunakan. Untuk ulekan dan lumpang yang baru, rendam dulu di dalam air selama 2-3 hari sampai batu-batu yang melekat bisa lepas.

 

6. Sendok ukur, gelas ukur, dan timbangan : Untuk menghasilkan semur yang kelezatannya sama dan terjamin, selalu ukur bumbu dan bahan lainnya dengan memakai sendok ukur, gelas ukur, atau timbangan.

7. Sendok pengaduk : Saat membuat semur, disebutkan akan lebih praktis untuk menggunakan sendok pengaduk dari kayu. Sendok kayu ini bisa digunakan untuk menumis sekaligus pengadukan masakan yang direbus. Setelah digunakan, kerok sendok kayu dengan pisau sebelum dicuci lalu saat dicuci gunakan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau dan lemak yang tersisa. Usai dicuci, jemur sendok kayu sampai kering agar tidak menjadi media berkembang-biaknya bakteri. Demikian seperti diwarta, Cita Rasa Nusantara Koleksi Resep Semur yang disusun oleh Tim Saji Media Boga Utama, Jumat (28/7/2017).

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini