FOOD STORY: Mengenal Lebih Dekat Lempok Durian, Kudapan Kebanggan Masyarakat Bengkalis Riau

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 29 Juli 2017 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 28 298 1745899 food-story-mengenal-lebih-dekat-lempok-durian-kudapan-kebanggan-masyarakat-bengkalis-riau-n4AOCLofda.jpg Lempok durian (Foto:Ist)

PROVINSI Riau terdiri dari 10 kabupaten dan 2 kota. Dari setiap kabupaten dan kota ini memiliki kekayaan alam dan warisan kerifan lokal yang tak dimiliki daerah lain, salah satunya soal kuliner.

Kabupaten Bengkalis misalnya, daerah ini memilki ragam kuliner yang memiliki cita rasa ngangeni dan bikin nagih. Salah satu yang menarik perhatian adalah lempok durian yang banyak dibuat di Kabupaten Bengkalis.

BACA JUGA: POP SUGAR: Segarnya Menyeruput Es Laksamana Mengamuk, Juga 2 Es Tradisional Riau Lainnya

Mengulik kuliner khas Bengkalis, tak akan bisa tanpa menyinggung lempok durian. Pohon durian banyak di daerah ini jadi saat musim panen akan sangat banyak durian yang diproduksi. Jika suka durian, datanglah ke Bengkalis saat musim panen tiba.

Tapi jangan sedih jika datang saat bukan musim panen karena masih bisa menikmati lampok yang terbuat dari durian fermentasi. Lempok atau lempok durian adalah kudapan sejenis dodol yang memiliki tekstur kenyal.

Saat musim panen durian tiba maka bisa dipastikan saat itu buah yang memiliki aroma khas ini sangat banyak diperjualbelikan. Durian yang tidak dimakan langsung, akan diolah oleh masyarakat menjadi kudapan manis lempok.

BACA JUGA: Kriuk Renyah Keripik Nanas Khas Riau

Cara pembuatan lempok durian hampir sama dengan membuat dodol, tapi bedanya dodol dibuat dengan campuran tepung ketan sementara lempok dibuat tanpa ada campuran ketan. Ini yang membuat lempok memiliki aroma serta rasa durian yang cukup kuat.

Makanan khas Bengkalis ini termasuk yang tahan lama meskipun dibuat secara alami tanpa menggunakan bahan pengawet. Cara pembuatan lempok durian di setiap daerah di Bengkalis bisa dikatakan sama tetapi yang membedakan adalah bentuk kemasannya.

 BACA JUGA: RESEP NENEK: Hmm... Lezatnya Menyantap Gulai Belacan Khas Riau untuk Santap Malam

Beberapa orang mengemasnya dengan bentuk persegi panjang, sebagian lagi dengan bentuk silinder namun ada juga yang membungkus lempok dengan bentuk seperti permen.

 

Setelah siap kemas, lempok durian dibungkus dengan lapisan pelepah pohon pinang, ini yang menunjukkan sisi tradisional dari lempok durian. Tak heran jika ada gelaran acara adat atau kegiatan promosi, lempok durian tak pernah absen karena dijadikan sebagai satu ikon kuliner khas Riau.

BACA JUGA: FOOD STORY: Menyusuri Asal-usul Air Tebu Nostalgia Khas Provinsi Riau

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini