5 Fakta Unik Pizza Mungkin Belum Anda Tahu, Ada Penggunaan Bahasa Rahasia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 28 298 1745976 5-fakta-unik-pizza-mungkin-belum-anda-tahu-ada-penggunaan-bahasa-rahasia-KDRTEDo21F.jpg Fakta unik tentang pizza (Foto:Foodbeast)

TIDAK dapat dipungkiri lagi bahwa pizza merupakan salah satu makanan khas Italia yang sangat digemari oleh semua kalangan di dunia. Bagaimana tidak? Hidangan yang terbuat dari adonan roti pipih berbentuk bundar lalu dipanggang dengan olesan saus tomat dan diberi beragam topping ini, memang menyuguhkan sensasi rasa gurih yang menggugah selera. Apalagi jika diberi taburan keju mozarella kualitas terbaik. Yummy!

BACA JUGA: Pesan Pizza Pakai Aplikasi Online, Ibu Ini Lupa Pesan Pakai Saus & Keju

Dibalik kelezatannya itu, ternyata ada sejumlah fakta unik tentang pizza yang mungkin belum Anda ketahui. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Mashed.

BACA JUGA: Pizza Rasa Es Krim atau Es Krim Rasa Pizza?

Amerika konsumen terbesar pizza

Dibandingkan negara asalnya, penduduk Amerika lah yang paling banyak mengonsumsi pizza di dunia. Menurut berbagai sumber, setidaknya lebih dari 350 irisan pizza dikonsumsi oleh penduduk Amerika setiap detiknya. Setiap orang rata-rata memakan 46 potong pizza per tahun, dan lebih dari 300 miliar loyang pizza habis di jual setiap tahunnya.

Bahasa rahasia

BACA JUGA: HEBOH, Video Mantan Manajer Berjoget Jadi Viral Restoran Pizza Ini Ditutup

Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui bahwa para pembuat pizza berbicara dengan bahasa khusus, atau sering mereka sebut dengan pizza language. Salah satu contohnya ketika Anda hendak mengambil sepotong pizza namun semua topping jatuh, itu disebut dengan avalanche atau longsoran salju. Sisa kerak pizza di atas piring disebut tulang, sementara adonan pizza yang terlalu lembek disebut dengan soggification.

Jika Anda pernah mendengar kata-kata “Reggie alert” saat memesan pizza, mereka mengira bahwa Anda merupakan seorang turis asing. Kata-kata itu juga berfungsi untuk memberikan sinyal bahwa mereka akan menyuguhkan seloyang pizza berkualitas buruk. Cara paling mudah untuk menyiasatinya adalah dengan memesan pizza secapat mungkin, lalu bersihkan meja Anda ketika hendak meninggalkan restoran.

 

Pizza pernah digunakan sebagai senjata

Jika Anda berpikir bahwa satu-satunya hal paling berbahaya dari pizza adalah kandungan lemaknya, coba pikirkan lagi. Beberapa waktu lalu, seorang pengantar pizza menggunakan hidangan tersebut sebagai senjata untuk melawan kawanan perampok bersenjata api. Ketika salah seorang perampok menembakan senjata api ke arahnya, pengantar pizza itu membalasnya dengan melemparkan pizza panas ke arahnya.

NASA ciptakan alat pencetak pizza

BACA JUGA: Pizza Rasa Es Krim atau Es Krim Rasa Pizza?

Selama ini, NASA dikenal karena berhasil menyelesaikan berbagai misi besar. Mulai dari mengirim seorang pria ke bulan, menciptakan super soaker, dan membangun International Space Station. Tidak hanya itu, beberapa waktu lalu, NASA kembali mengejutkan masyarakat internasional setelah berhasil menciptakan pencetak 3D yang mampu membuat pizza hanya dalam waktu 5 menit.

 

Pizza terbesar di dunia tidak mengandung gula

 

Pada Desember 2012, para pembuat pizza asal Roma berhasil mengolah pizza terbesar di dunia. Hidangan ini berukuran 14.000 kaki dan terbuat dari 9071 kg tepung bebas gula. Mereka memutuskan untuk membuat pizza tersebut untuk menghormati kaisar Romawi pertama Octavianus Augustus, sekaligus mempromosikan bahayanya penyakit celiac.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini