nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Seorang Penyelam Merekam Hiu "Bermulut Besar" di Lepas Pantai Indonesia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 11:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 28 406 1745525 wow-seorang-penyelam-merekam-hiu-bermulut-besar-di-lepas-pantai-indonesia-L4gU9xMoQZ.jpg Hiu "Megamouth" atau "Bermulut Besar" (foto: Storyville)

HIU selama ini terkenal sebagai pemangsa utama di laut lepas. Binatang laut yang memiliki banyak jenis tersebut rata-rata dapat bertahan hidup hingga 30 tahun. Sehingga tergolong dalam binatang dengan usia panjang.

(Baca Juga: Hiu "Hantu" Terekam Kamera di Laut untuk Pertama Kalinya)

Namun, yang ditemukan oleh seorang penyelam belum lama ini sangatlah berbeda dari hiu kebanyakan yang seringkali kita jumpai. Pasalnya, hiu yang tertangkap kamera seorang penyelam tersebut salah satu jenis yang paling sulit dipahami.

Awal penemuan dan terekamnya jenis hiu yang sulit dipahami tersebut berangkat dari penyelaman yang dilakukan oleh Penny Bielich. Kala itu ia sedang menyelam di perairan Pulau Komodo, Indonesia. Tanpa ia duga, ia melihat seekor hiu "megamouth" atau "bermulut besar" yang misterius di depan pandangan matanya.

(Baca Juga: 4 Tempat Berenang Bareng Hiu, Bora-Bora Salah Satu yang Terfavorit)

Saat kali pertama melihat hiu megamouth, Penny mengenalinya dari mulut hiu yang menganga besar. Ia melihat dan merekam makhluk besar tersebut saat menyelam dari bagian paling utara Pulau Komodo, di kawasan Gili Lawa Laut, pada Selasa lalu.

(Baca Juga: 4 Tempat Seru Berenang dengan Hiu, Berani Uji Nyali?)

Rekaman yang diambil oleh Penny menunjukkan hiu megamouth berenang dengan tenang di dalam air dan perlahan mendekatinya, dengan ciri khas yang terlihat sangat jelas. Kemunculan hiu misterius ini merupakan suatu kejadian yang langka dan istimewa karena ditemukan di perairan Indonesia.

Sebelumnya, hiu jenis ini pernah ditemukan sebagian besar di Jepang, Filipina, dan Taiwan. Penampakan pertama terjadi pada 1976, waktu itu peristiwa terjadi ketika jangkar laut sengaja dilepas dari pantai di Hawaii. Dari data yang tertulis di laman Dailymail, Jumat (28/7/2017), dari 1976 sudah ada sebanyak 63 penampakan hiu megamouth, dan bertambah jadi 64 kasus penampakan setelah penemuan Penny ini.

(Baca Juga: Ngeri, Seorang Nelayan Digigit Hiu ketika Sedang Berenang!)

Keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh hiu megamouth ialah binatang besar tersebut memiliki ukuran badan yang tidak wajar mencapai 17 kaki atau setara 5 meter dengan masa hidup hingga 100 tahun. Hiu spesies ini biasa berenang di bawah air sedalam 160 meter sebelum ia naik hingga 12 meter pada malam hari untuk mencari makan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini