nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Turis 'Nakal', Venesia Berlakukan Aturan Ketat, Denda Rp 7 Juta!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 13:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 28 406 1745571 banyak-turis-nakal-venesia-berlakukan-aturan-ketat-denda-rp-7-juta-LjNXGmFZfu.png Venesia (Foto: Independent)

BULAN ini, Juli 2017, Venesia berhasil melepaskan ancaman dari Unesco yang menambahkan daerahnya ke dalam daftar berisiko, bergabung dengan Aleppo, Damaskus dan Wina. Sebelum ancaman tersebut terlepas, Venesia sempat dikunjungi oleh wisatawan sebanyak 60ribu orang setiap harinya.

Banyak wisatawan yang datang membawa makanan berbungkus dan berjongkok di tangga, dan lapangan St. Mark untuk memakan makanan yang dibawa tersebut. Mereka tidak membeli apapun di Venesia. Ada beberapa aturan yang harus ditaati oleh para wisatawan ketika mengunjungi Venesia, diantaranya yaitu tidak boleh makan sembarangan di tangga, tidak boleh berenang di sungai, tidak boleh membuang sampah sembarangan, tidak boleh berkeliaran hanya mengenakan baju renang atau bikini, tidak boleh memberi makan burung-burung dan mengendarai sepeda

 BACA JUGA: Trik Merawat Rambut Panjang bak Model Victoria's Secret, Mau Tahu?

Serangkaian aturan tersebut diatur dalam kampanye yang bertemakan #EnjoyRespectVenezia. Kampanye tersebut akan disebarkan melalui media sosial, ditampilkan di situs dewan kota dan masyarakat juga akan diingatkan melalui poster-poster yang akan disebarkan di sekitar kota dan dibeberapa lokasi tempat umum seperti stasiun kereta.

 Baca Juga: KEREN!! Nenek 67 Tahun Tinggal Sendirian di Pulau Tak Berpenghuni Selama 40 Tahun, Ngapain Saja Ya?

Peraturan-peraturan yang wajib ditaati itu lahir dari tindakan turis yang selama ini dilakukan ketika berada di Venesia. Pengunjung nantinya akan diingatkan untuk tidak berenang di kanal, membuat piknik di tempat umum, berhenti terlalu lama di jembatan, menjatuhkan sampah, naik sepeda di kota dan mengenakan pakaian renang ketika berjalan-jalan di tempat umum. Bila ada wisatawan yang melanggar dan tetap melakukan aturan di atas maka, mereka harus membayar denda sebesar € 25 hingga € 500 atau setara dengan Rp 390 ribu hingga Rp7,8 juta.

 Baca Juga: Keajaiban! Hanya Punya Peluang 1% Hamil, Seorang Survivor Kanker Lahirkan Bayi Laki-Laki

“Pesan kami ini tidak bercanda. Jika ada orang-orang yang melakukan pelanggaran semacam ini maka akan didenda dan juga akan ditandai ke kedutaan masing-masing untuk diurus lebih lanjut,” ungkap Paola Mar dengan serius, Anggota Dewan Pariwisata Venesia, dikutip dari Independent, Jumat (28/7/2017).

Baca Juga: Uniknya Ritual Adat Buang Jung, Upacara Istirahatkan Laut di Bangka Selatan

Selain dari tindakan turis asing yang kerap menjengkelkan warga asli Venesia, ternyata sudah banyak terjadi peristiwa yang berawal dari tindakan turis dan akhirnya kecelakaan, seperti kejadian yang dialami seorang turis melompat dari Jembatan Rialto kemudian menabrak taksi air dan akhirnya meninggal di rumah sakit. Kejadian yang dilakukan oleh seorang turis nahas ini terjadi pada Agustus tahun lalu.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini