nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Misteri 'Orang Sakti' yang Bisa Melubangi Air Terjun Cuup Psuk

Demon Fajri, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 16:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 28 406 1745610 misteri-orang-sakti-yang-bisa-melubangi-air-terjun-cuup-psuk-XlLqeVziov.jpg Air Terjun Cuup Psuk (Foto: Demon Fajri/Kontributor)

BUMI Rafflesia', itulah nama julukan Provinsi Bengkulu. Provinsi ini memiliki destinasi wisata, yang patut dan layak untuk dinikmati oleh kalangan pelancong atau traveller.

Apakah wisata itu? Salah satu wisata itu bernama air terjun 'Cuup Psuk'. Obyek wisata ini berada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Tepatnya di Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang, atau berjarak sekira 34 kilometer (KM) dari Kota Bengkulu.

Mendengar kata 'Cuup Psuk', mungkin tergolong asing terdengar ditelinga. Ya, Cuup Psuk, merupakan bahasa daerah suku rejang, di desa dengan 230 kepala keluarga (KK) di daerah itu. Nama Cuup Psuk, memiliki arti tersendiri.

 (Baca Juga: Keren, China Kembali Bangun Jembatan Kaca)

Cuup dalam bahasa daerah suku rejang, berarti air terjun. Sementara, Psuk berarti lobang. Sehingga oleh masyarakat setempat memberi nama obyek wisata, di kabupaten yang memiliki semboyan 'Maroba Kite Maju' ini, air terjun Cuup Psuk.

 Baca Juga: KOCAK!! Tulisan Alay 'Dilarang Buang Mantan Disini' Jadi Magnet Air Terjun Cuup Psuk

Lantas dimana tempat lobang air terjun, yang bikin pengunjung untuk betah berlama-lama di wisata ini?

Sekretaris Desa (Sekdes) Penembang Kecamatan Merigi Kelindang, Ari Hanggara menceritakan, nama air terjun Cuup Psuk disematkan, lantaran dibagian atas air terjun terdapat kolam yang lobang berdiameter cukup besar.

Ukurannya, sampai dia, sekira 1,5 meter. Dimana posisi lobang itu tersembunyi. Hal tersebut berada di kedalaman sekira 4 meter hingga 5 meter dari kolam dibagian atas air terjun.

Baca Juga: Air Terjun Cuup Psuk: Legenda 'Orang Sakti' hingga Cerita Ular Naga

Berangkat dari kondisi itu, jelas Ari, para pedahulu atau nenek moyang masyarakat setempat memberi nama air terjun, dengan sebutan nama Cuup Psuk.

''Persis dibagian atas air terjun terdapat lobang, yang cukup untuk satu orang. Makanya, oleh orang terdahulu masyarakat sini (Penembang) memberi nama air terjun Cuup Psuk,'' cerita Ari, saat ditemui okezone.

Ari mengulas, konon menurut cerita lobang tersebut tembus ke desa tetangga. Yakni, Taba Durian Sebakul Kecamatan Merigi Kelindang, yang jaraknya sekira lima kilometer (KM).

Tidak hanya itu, sambung Ari, konon didalam lobang itu merupakan lokasi tempat 'orang sakti', yang dijebak oleh masyarakat Desa Taba Durian Sebakul.

Lantaran memiliki kesaktian, sampai Ari, 'orang sakti' itu menyelam sejauh lima km, untuk mencari ikan hingga menembus dibagian atas air terjun Cuup Psuk.

''Cerita nenek moyang kita dahulu. Lobang itu tembus ke Desa Taba Durian Sebakul,'' tutup Ari.

Baja Juga: SHARE LOC: Mau Dapat Jodoh? Mandi ke Air Terjun Cuup Psuk Yuk!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini