nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas! Masalah Gigi Sensitif Dibiarkan Terlalu Lama Bisa Memicu Gangguan Jantung

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 14:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 28 481 1745637 awas-masalah-gigi-sensitif-dibiarkan-terlalu-lama-bisa-memicu-gangguan-jantung-VdgaCnz6uM.jpg Ilustrasi (Foto: Brittdental)

GIGI Anda terasa ngilu ketika mengonsumsi makanan terlalu dingin atau asam? Jangan dibiarkan! Itu adalah gejala dari masalah gigi sensitif. Bahayakah?

Memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan berbagai jenis ternyata berisiko mendatangkan masalah pada mulut dan gigi. Khusus pada gigi, jika kebiasaan makan banyak tidak diimbangi dengan perawatan yang disiplin akan memicu risiko gigi sensitif. Di mana, itu bisa menjadi awal terbentuknya lubang pada gigi. (Baca Juga: Tips Merawat Gigi Sensitif agar Tak Lagi Ngilu)

Gigi sensitif merupakan tanda bahwa gigi Anda tidak lagi sehat. Ada masalah yang terjadi pada gigi. Penyebabnya beragam. Selain karena tidak rutin mengikat gigi, cara menyikat gigi, rutin mengonsumsi makanan masam tanpa penanganan lebih lanjut, atau doyan mengonsumsi minuman dingin menjadi penyebab utama gigi sensitif. (Baca Juga: Duh, Banyak Penyebab Gigi Sensitif yang Jarang Disadari Orang)

Tapi, Dokter Gigi drg. Hardini Dyah Astuti menjelaskan, masalah ini bukan masalah yang akhirnya harus Anda tanggung seumur hidup. "Masalah gigi sensitif bukan penyakit seumur hidup. Penyakit ini bisa disembuhkan total 100 persen. Asalkan perawatan dan pencegahannya benar," katanya pada Okezone dalam sebuah di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2017).

Drg Hardini melanjutkan, penyakit ini sebetulnya bukan penyakit serius. Komplikasi terparah dari gigi sensitif adalah timbulnya lubang pada gigi. Jika terus dibiarkan, masalah kompleks dari gigi berlubang pun bisa saja terjadi. Sebut saja gangguang jantung maupun masalah pada syaraf mata. (Baca Juga: Awas, Menggosok Gigi Terlalu Kuat Sebabkan Gigi Sensitif)

Nah, untuk itu, disarankan pada mereka yang sudah memiliki masalah ini, proses pembersihan gigi menjadi bagian penting dalam rutinitas setiap harinya. Pemilihan sikat gigi, pasta gigi, dan mouthwash menjadi krusial. Salah-salah menggunakan alat pembersih, malah akan memperburuk keadaan.

"Saya sangat rekomendasikan pasien untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu halus. Setelah itu, penggunaan pasta gigi yang memiliki kandungan potasium, desensitasi, dan yang mengandung teknologi NovaMin bisa menjadi solusi terbaik untuk masalah gigi sensitif," paparnya.

Tapi, pada beberapa kasus, bila pasien sudah 2-4 hari menggunakan produk khusus gigi sensitif tapi masih mengalami gangguan, maka sangat disarankan untuk pergi ke dokter gigi. Sebab, penanganan yang lebih spesifik harus dilakukan pada kasus tersebut. "Bukan produknya yang salah, tapi masalah yang diderita pasien lebih parah dari biasanya," tambahnya singkat. (Baca Juga: 4 Makanan yang Memicu Kambuhnya Gigi Sensitif)

Drg Hardini menambahkan, penanganan cepat pada mereka yang mengalami gigi sensitif tidak mesti menggosok gigi cepat-cepat. Mereka bisa dengan mudah mencari toilet dan mengolesi pasta gigi khusus ke giginya. Upaya itu dilakukan sebagai langkah awal dari meminimalisir rasa ngilu pada gigi.

"Selain itu juga bisa dengan berkumur dengan air matang yang suhunya normal. Itu difungsikan sebagi tindakan penetralan mulut dan gigi akibat kandungan asam di sana terlalu tinggi," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini