Gigi Sensitif Bisa Menyerang Anak, Kenali Ciri dan Cara Mencegahnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 28 481 1745709 gigi-sensitif-bisa-menyerang-anak-kenali-ciri-dan-cara-mencegahnya-tWJKvGHBY0.jpg Ilustrasi (Foto: Southdaviskids)

MASYARAKAT mengenal gigi sensitif merupakan masalah yang banyak dialami orangtua. Salah satu alasannya karena kondisi gigi pada usia senja tidak lagi sebaik gigi di usia muda maupun usia anak-anak.

Tapi, siapa sangka kalau gigi sensitif bisa juga diderita pada anak-anak. Seperti yang dijelaskan Dokter Gigi drg. Hardini Dyah Astuti, pada usia anak-anak risiko gigi ngilu pun bisa terjadi. Faktor penyebabnya pun hampir mirip. (Baca Juga: Tips Merawat Gigi Sensitif agar Tak Lagi Ngilu)

Namun, tidak semua anak-anak bisa mengalami masalah ini memang. "Gigi sensitif terjadi pada anak-anak yang sudah memiliki gigi campuran, jadi mereka yang sudah memiliki gigi dewasa tapi masih ada gigi susu," katanya pada Okezone di Gandaria City, Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Drg Hardini melanjutkan, pada anak-anak, gigi sensitifnya pun tidak begitu besar rasa ngilunya. Namun, gejala tersebut tetap masuk pada masalah gigi sensitif. Yang perlu diperhatikan di sini, sambung drg Hardini, orangtua harus paham mana rasa sakit mana rasa ngilu. Jika si anak mengeluh rasa tidak nyaman setelah mengonsumsi es krim atau coklat, yang mana rasa tersebut terjadi pada bagian gigi depan, dipastikan itu adalah masalah gigi sensitif. (Baca Juga: Awas! Masalah Gigi Sensitif Dibiarkan Terlalu Lama Bisa Memicu Gangguan Jantung)

Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua agar gigi anak tidak sensitif adalah dengan mengelap bekas susu yang mungkin menempel di gigi si anak. Jika cara tersebut dirasa sulit, orangtua bisa mengajak si anak untuk rutin berkumur dan minum air putih bersih sehabis dia mengonsumsi susu.

Sementara itu, karena masalah ini bisa terjadi pada anak-anak, apakah itu berarti penyakit ini bisa dikarenakan adanya masalah genetika? Drg Hardini menuturkan, tidak ada! (Baca Juga: Duh, Banyak Penyebab Gigi Sensitif yang Jarang Disadari Orang)

Yang menjadi fokus masalah adalah setiap hari si anak dan ibu mengonsumsi makanan yang sama. Kebiasaan yang sama tersebut yang bisa membuat si anak bisa terkena masalah ini.

"Jadi, menurut saya secara pribadi, tidak ada hubungannya antara gigi sensitif dengan faktor genetika keluarga. Hanya kebiasaan yang sama saja yang menyebabkan anak-anak bisa terkena masalah ini," tambahnya.

Gigi sensitif pada ibu hamil

Gigi sensitif ternyata tidak hanya menyerang orangtua lanjut usia dan anak-anak. Ibu hamil juga bisa mengalami masalah gigi sensitif. (Baca Juga: Awas, Menggosok Gigi Terlalu Kuat Sebabkan Gigi Sensitif)

Lalu, bagaimana dengan gigi sensitif yang terjadi pada ibu hamil? Apakah risikonya semakin tinggi terhadap kehamilan?

Drg Hardini menuturkan, ada kemungkinan seperti itu. Salah satu alasannya adalah kalsium yang diasup ibu hamil menjadi tidak maksimal.

Sebab, dia harus membaginya dengan jabang bayi. Karena itu, konsumsi kalsium menjadi cukup penting untuk menjaga gigi ibu hamil terhindar dari rasa ngilu ini. Jika dibiarkan, ya, akan menggangu kehamilan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini