nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Penyakit Gagal Hati, Konsumsi Makanan Kaya Serat Salah Satunya

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 20:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 28 481 1745867 cegah-penyakit-gagal-hati-konsumsi-makanan-kaya-serat-salah-satunya-XuXnSREU63.jpg Ilustrasi (Foto: Halflifetr)

ORGAN hati sangat penting dijaga kesehatannya karena menjadi pusat metabolisme tubuh. Ada hal-hal yang harus dilakukan seseorang agar terhindar dari penyakit hati atau yang dikenal hepatitis.

Kinerja dari organ hati berfungsi untuk mengatur jumlah gula, protein dan lemak dalam darah kita. Selain itu juga dapat menghilangkan toksin dan mengeluarkan bilirubin yang memecah sel darah merah. (Baca Juga: Catat! Mitos dan Fakta Hepatitis yang Wajib Anda Ketahui)

Nutrisi yang diserap oleh usus kita diproses oleh hati untuk membantu memecah pembekuan darah. Salah satu penyakit hepatitis yang paling banyak dialami yakni jenisnya hepatitis B. (Baca Juga: Gawat! Tren Penyakit Hepatitis di Indonesia Semakin Meningkat, Apa Sebabnya?)

Hepatitis B adalah virus yang menyebabkan radang hati yang parah. Saat hati membengkak, peredaran darah tersumbat. Hal ini bisa menyebabkan gagal hati. (Baca Juga: Ibu Hamil Rentan Tularkan Hepatitis B, Segera Suntikkan Vaksin kepada Bayi Setelah Lahir)

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencegah penyakit gagal hati. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Jumat (28/7/2017).

Konsumsi makanan kaya serat

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan adalah menjaga agar berat badan tetap ideal. Bila Anda mengalami obesitas, sangat berisiko mengalami berbagai penyakit. Salah satunya yakni memicu perlemakan hati yang berujung dengan penyakit sirosis hingga hepatitis yang berbahaya. (Baca Juga: Sedang Sakit Kuning, Jangan Konsumsi Makanan Pedas jika Ingin Cepat Sembuh)

Batasi konsumsi alkohol

Anda yang terbiasa minum alkohol secara langsung mempengaruhi kesehatan hati. Pada akhirnya bisa merusak sel hati dan bisa mengurangi fungsinya. Akibatnya, Anda bisa mengalami gagal hati. Karena itu, Anda harus menghindari minuman beralkohol untuk melindungi hati dari penyakit hepatitis B.

Menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi hepatitis B

Hepatitis sangat mudah ditularkan ke orang lain. Anda yang terinfeksi harus menjaga jarak dengan orang lain. Sebisa mungkin Anda juga harus mencegah. Salah satunya yakni jangan kontak seksual dengan sembarang orang, penularan virus dari ibu ke bayi, menggunakan jarum suntik dan lainnya.

Jangan merokok

Merokok melemahkan paru-paru dan sistem kekebalan tubuh kita, akibatnya membuat orang rentan infeksi. Perlu Anda tahu, sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat tubuh tak dapat bertahan melawan virus.

Wajib olahraga

Olahraga teratur juga penting untuk melindungi hati Anda. Karena latihan dapat mengatur berat badan. Olahraga yang disarankan sangat beragam. Pastikan dalam kehidupan sehari-hari Anda tak mengalami kenaikan berat badan yang membuat diri Anda terancam penyakit.

Hindari obat-obatan

Sebagian besar obat pengencer darah atau suplemen memicu gangguan fungsi hati. Begitu juga dengan obat parasetamol yang diminum dengan dosis berlebihan. Selain memicu hepatitis, Anda juga mengalami gangguan kesehatan lainnya yang tidak disarankan.

Hindari makanan dengan pemanis buatan

Makanan yang mengandung fruktosa atau pemanis buatan juga sulit diserap oleh tubuh. Bisa-bisa Anda kesulitan menjalani detoksifikasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda sangat mudah terinfeksi penyakit berbahaya, salah satunya yakni hepatitis B.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini