Lebaran Betawi di Setu Babakan, Jangan Lupa Berburu Kerak Telor Sampai Soto Betawi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 29 Juli 2017 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 29 298 1746268 lebaran-betawi-di-setu-babakan-jangan-lupa-berburu-kerak-telor-sampai-soto-betawi-qn81Xdok3u.jpg Lebaran Betawi di Setu Babakan (foto: Devi Setya Lestari/Okezone)

MASYARAKAT suku Betawi tengah merayakan euforia pesta adat bertajuk Lebaran Betawi. Selain bisa jadi destinasi murah meriah, area setu babakan juga bisa jadi tempat wisata kuliner.

Pesta rakyat yang digelar selama 3 hari mulai Jumat hingga Minggu ini menyuguhkan kesenian adat hingga kuliner lezat. Hari ini, Sabtu (29/7/2017) Okezone menyambangi kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan dan mendapati ribuan orang memadati area ini.

(Baca Juga: FOOD STORY: Tinggal di Jakarta Belum Sah kalau Belum Jajal 4 Kuliner Betawi Paling Populer)

Selain bisa bersantai sambil menyaksikan kesenian adat, di sini juga bisa jadi destinasi wisata kuliner. Apa saja yang bisa dicicip? Simak ulasannya.

Kerak Telor

(foto: Devi Setya Lestari/Okezone)

Kudapan khas Jakarta ini tak boleh terlewat. Olahan beras yang dimasak dengan telur dan disajikan bersama taburan serundeng serta bawang goreng ini siap memanjakan Anda. Seporsi kerak telur dibanderol dengan harga Rp 15 ribu hingga Rp20 ribu tergantung pilihan telurnya yakni Bebek atau ayam.

(Baca Juga: Ini yang Bikin Kerak Telor Makin Sedap)

Toge Goreng

(foto: Devi Setya Lestari/Okezone)

Nah, santapan ini bisa dibilang termasuk yang sudah mulai langka. Di kawasan Setu Babakan Anda bisa menikmati toge goreng yang merupakan hidangan khas Betawi. Seporsi toge goreng berisi potongan ketupat, toge dan siraman kuah oncom. Rasanya gurih khas dan akan semakin nikmat jika diberi tambahan sambal.

(Baca Juga: Buat yang Lapar Tengah Malam, Enaknya Makan Nasi Uduk di 7 Tempat Ini)

Soto Betawi

WALK & WOK: Gurih Sedap 5 Soto Betawi di Jakarta, Maknyuss untuk Makan Malam (foto: Istimewa)

Santapan yang satu ini terbilang umum namun wajib dicoba di tempat asalnya yakni perkampungan Betawi. Daging dan jerohan sapi berpadu sempurna dengan potongan kentang dan perkedel. Kuah santan gurih membuat sajian ini terasa nikmat. Tambahkan taburan bawang goreng, irisan tomat dan daun bawang. Soto Betawi makin mantap dimakan bersama seporsi nasi putih hangat.

(Baca Juga: WALK & WOK: Gurih Sedap 5 Soto Betawi di Jakarta, Maknyuss untuk Makan Malam)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini