nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serunya Hiking di Taman Nasional Cat Ba, Vietnam!

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 09:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 29 406 1746254 serunya-hiking-di-taman-nasional-cat-ba-vietnam-aQXFiSGC4l.jpg Taman Nasional Cat Ba, Vietnam (foto: Dada Sathilla/Okezone)

SAAT mengunjungi Cat Ba Island, Ha Long Bay, Vietnam, ada satu aktivitas yang wajib dicoba yaitu mendaki di taman nasional Cat Ba. Pemandangan di puncak taman nasional Cat Ba ini sangat indah dengan dominasi hutan dan gunung kapur.

Selain itu kita bisa menjelajah gua, mengunjungi desa suku minoritas, ke laut, serta melihat kera berkepala emas yang sangat langka. Taman nasional Cat Ba berjarak 15 kilometer ke arah barat laut dari kota Cat Ba.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Taman nasional ini merupakan kawasan lindung pertama di Vietnam yang bertujuan mempertahankan subdivisi laut, termasuk ekosistem laut, ekosistem hutan terestrial, dan ekosistem mangrove dengan habitat bakau, laguna dan gunung kapur. Sebagai taman dengan keanekaragaman hayati tertinggi di Vietnam, taman nasional Cat Ba selalu memikat turis lokal dan internasional untuk mengeksplornya.

(Baca Juga: Cat Ba Island, Destinasi Baru di Vietnam Pesaing Ha Long Bay)

Situs warisan dunia untuk kategori cagar biosfer di Vietnam bagian utara ini diresmikan pada tahun 1986 dengan luas 15.200 hektar yang terdiri dari hutan dan perairan. Di taman nasional Cat Ba ini kita bisa menemukan hutan hujan, gunung kapur, hutan bakau, dan gua. Selain itu ada juga danau dan terumbu karang yang terletak di dekat area pantai.

Dari kota Cat Ba ada banyak transportasi untuk menuju taman nasional Cat Ba. Anda bisa memilih naik bus dengan tarif 20.000 dong atau 10.000 rupiah per orang. Bus umum QH berwarna hijau ini bisa ditemukan di dermaga kota Cat Ba dan berangkat jam 8 pagi.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Atau bisa juga naik ojek atau menyewa motor dengan harga 80.000 dong atau 40.000 rupiah per 12 jam. Taman nasional Cat Ba bisa dicapai setelah 20-30 menit berkendara. Setibanya disana, kita perlu membeli tiket masuk sebesar 40.000 dong atau Rp20.000.

(Baca Juga: Tips Memilih Paket Wisata Halong Bay di Vietnam)

Bila ingin mendaki ditemani ranger, anda bisa bertanya kepada petugas loket, atau bila ingin mendaki bersama grup sebaiknya ambil paket tur yang biasanya ditawarkan travel agent di lobi hotel. Meski begitu, tak usah takut mendaki sendiri karena banyak yang memilih mendaki solo atau berdua.

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa dipilih yaitu menuju viewing point yang bisa dicapai dalam waktu 1 jam dan jalur menuju puncak gunung sepanjang 18 km yang bisa dicapai dengan mendaki selama 6 jam dan sebaiknya dengan didampingi pemandu.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Treknya sendiri jelas dengan papan arah cukup banyak, namun kadang - kadang licin. Pemandangan dari viewing point sendiri sangatlah indah dengan dominasi gunung kapur dan hutan. Udaranya segar dan sangat bersih. Viewing point merupakan lokasi yang pas untuk mengambil foto dan video.

 (Baca Juga: Perpaduan Manis nan Eksotis Danau dan Gua Trang An di Ninh Binh Vietnam)

Setelah puas melihat pemandangan spektakuler di viewing point, saat turun kembali anda bisa ikut menjelajah gua Trung Tang dan mengunjungi desa minoritas Viet Hai. di desa ini biasanya para pendaki berhenti sebentar untuk makan siang atau sekadar membeli snack.

Dari desa ini Anda bisa kembali ke kota Cat Ba dengan naik kapal. Untuk menuju pelabuhan cukup berjalan kaki sepanjang 5 km. Kapal berangkat kembali ke kota Cat Ba pada jam 1 siang setiap weekedays dan pada weekend anda harus menggunakan kapal privat yang tarifnya 80.000 dong atau Rp40.000 per orang.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Di taman nasional Cat Ba ini kalau beruntung anda bisa melihat banyak binatang liar seperti kera, rusa, musang, beberapa spesies tupai termasuk tupai hitam raksasa. Tercatat ada 32 jenis mamalia termasuk sebagian besar dari 65 ekor kelelawar berkepala emas, primata yang paling terancam punah di dunia.

(Baca Juga: Yuk Sambangi Kota Bersejarah di Vietnam)

Selain itu telah ditemukan 70 spesies burung disini mulai dari elang, burung enggang, cucko dan unggas air. Dari sisi flora, ada seribu spesies tanaman termasuk 118 jenis pohon dan 160 jenis tanaman obat.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Siapkan sepatu gunung, jas hujan, air mineral dan senter bila akan mendaki di taman nasional Cat Ba. Saat musim dingin, pendakian terasa lebih mudah karena udara dingin dan sejuk jadi anda tak akan banyak berkeringat.

Sementara saat musim panas seperti sekarang ini udara sangat lembab. Taman nasional Cat Ba buka dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini