nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Tanpa Disadari Hewan Peliharaan Bisa Menularkan Penyakit

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 07:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 29 481 1746269 hati-hati-tanpa-disadari-hewan-peliharaan-bisa-menularkan-penyakit-Rfw39gWe1r.jpg Ilustrasi (Foto: Cloudfront)

BEBERAPA orang memiliki kegemaran untuk memelihara hewan tertentu. Tidak jarang hewan peliharaan begitu dimanjakan. Tak heran apabila interaksi antara pemilik dengan hewan peliharaannya terlalu dekat. Jika Anda termasuk dalam kategori pemilik hewan yang terlalu dekat dengan hewan peliharaan, Anda harus berhati-hati.

Anda harus rajin memeriksa kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan Anda. Sebab, bisa jadi hewan peliharaan Anda mengidap penyakit yang tidak diketahui. Dilansir dari Fox News, ada 7 penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan;

1. Salmonellosis

Selain dari daging yang tidak matang, penyakit ini bisa ditularkan oleh hewan di sekitar rumah. Salmonellosis adalah penyakit yang berasal dari bakteri salmonella yang hidup di saluran cerna. (Baca Juga: Awas! Pepaya Bisa Jadi Sarang Bakteri Salmonella)

Hewan peliharaan bisa saja mengidap penyakit ini walaupun terlihat sehat dari luar. Pemilik bisa tertular penyakit ini dari hewannya melalui kotoran atau bulu. Agar tidak terinfeksi bakteri, biasakan mencuci tangan setelah bersentuhan dengan hewan peliharaan.

2. Kurap

Kurap adalah infeksi yang berasal dari jamur pada kulit. Kurap pada hewan mudah ditemukan dengan cara memeriksa kulit hewan peliharaan Anda. Bila Anda menemukan cincin kemerahan dan sisik pada kulit atau cairan yang keluar dari kulit melepuh pada hewan peliharaan, segera bawa ke dokter hewan agar tidak tertular. Kurap bisa segera diobati dengan sejumlah perawatan. (Baca Juga: Gadis Cilik Meninggal Usai Bersihkan Halaman Perumahan, Bakteri E.Coli Biang Keladinya)

3. Cat Scratch Disease

Bagi mereka yang memiliki kucing, dicakar mungkin adalah hal yang biasa. Tapi hati-hati, kuku kucing kemungkinan menyimpan bakteri. Selain kulit yang tergores, Anda juga bisa terinfeksi suatu penyakit apabila dicakar kucing. Untuk itu, kurangilah frekuensi bermain-main dengan kucing yang bisa menyebabkan goresan atau segera cuci kulit yang tergores dengan air hangat dan sabun. (Baca Juga: Tragis! Seorang Nenek Meninggal Setelah Digigit Kucing yang Ditolongnya)

4. Lyme

Kutu bisa tinggal di tubuh peliharaan Anda. Kutu ini bisa mengakibatkan Anda terkena penyakit Lyme. Bila Anda terkena penyakit ini, akan muncul ruam bullseye pada kulit, nyeri otot atau sendi, dan demam.

Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala itu agar segera mendapatkan perawatan medis. Untuk menghindari adanya kutu yang hidup di hewan peliharaan Anda, usahakan jangan mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan ke daerah yang berumput tebal di musim panas. Rajinlah memeriksa apakah tubuh hewan peliharaan ditinggali dengan kutu.

5. Cacingan

Cacing hidup di dalam saluran pencernaan hewan sebagai parasit. Cacing yang hidup di tubuh hewan bisa keluar melalui kotoran. Cacing-cacing itu bisa masuk ke dalam tubuh Anda melalui kaki atau tangan. Masuknya cacing ke tubuh pemilik sering tidak disadari. Agar tidak kemasukan cacing, selalu gunakan alas kaki saat berjalan dan rajin mencuci tangan.

6. Toksoplasmosis

Ketika seseorang terinfeksi parasite mikroskopis, maka dia akan mengidap penyakit toksoplasmosis. Parasit ini umumnya terdapat di tubuh hewan peliharaan, terutama kucing. Penyakit toksoplasmosis berbahaya bagi ibu hamil karena memengaruhi janin yang dikandungnya. Agar tidak terkena penyakit ini, gunakan sarung tangan saat membersihkan kotoran hewan dan jangan lupa mencuci tangan.

7. Rabies

Virus rabies menginfeksi sistem saraf pusat pada hewan maupun individu dan berakibat fatal. Virus ini bisa menyebar saat hewan menggigit salah satu anggota tubuh pemiliknya. (Baca Juga: Setiap 10 Menit, 1 Orang Meninggal Dunia karena Rabies)

Untuk itu, bagi Anda pemilik hewan peliharaan, penting untuk memberikan vaksin rabies pada hewan peliharaan dan jauhkan hewan Anda dari hewan liar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini