5 Langkah Mudah Cegah Keracunan Makanan, Katakan Selamat Tinggal pada Tauge Mentah!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 30 298 1746734 5-langkah-mudah-cegah-keracunan-makanan-katakan-selamat-tinggal-pada-tauge-mentah-FiI72YNuF5.jpg Hindari tauge mentah (Foto:Ist)

APAKAH Anda pernah mengalami pusing, sakit perut, hingga demam setelah menyantap makanan? Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh rancun dan bakteri yang ada di dalam makanan.

Kasus keracunan makanan saat ini sudah sangat memprihatinkan. Dari data yang dirangkum Okezone, sepanjang tahun 2016 setidaknya terjadi 34 kasus keracunan makanan di Indonesia.

BACA JUGA: 4 Obat Rumahan Mengatasi Keracunan Makanan

Lantas apa yang harus Anda lakukan agar terhindari dari virus atau bakteri penyebab keracunan makanan? Dilansir dari Mashed, berikut ulasan lengkapnya.

Buang peralatan makan yang retak

Semua orang pasti memiliki piring atau cangkir kesayangan. Peralatan makan ini biasanya digunakan secara terus menerus hingga terkadang mengalami keretakan pada beberapa bagiannya. Menurut Dr. Melvin Pascall, seorang dosen di Ohio State University, retakan pada piring ataupun cangkir bisa menjadi tempat hinggapnya bakteri-bakteri jahat.

BACA JUGA: Cegah Keracunan, Bersihkan Buah & Sayur Cukup dengan Air Mengalir!

Hindari es batu

Minuman dingin memang sangat menyegarkan. Apalagi jika diminum pada musim panas seperti saat ini. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak menghiraukan bahayanya es batu yang digunakan oleh para pedagang. Menuru laporan Badan Perlindungan Kesehatan Inggris, mereka menemukan virus E.coli dalam 20 sampel yang mereka uji dari ember es maupun mesin produksinya. Mereka juga menemukan enterococci, dan mengklaim bahwa hampir seluruh pembuat es batu tidak mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan kamar mandi.

BACA JUGA: Alasan Seseorang Mengalami Keracunan Makanan

Hati-hati dalam mengolah kentang

Pada tahun 1979, 78 murid SD dan beberapa guru di London, Inggris, mengalami keracunan makanan dengan gejala kejang, demam, halusinasi, dan bahkan ada yang mengalami koma. Setelah ditelusuri, kejadian ini disebabkan oleh olahan kentang yang mereka konsumsi saat jam makan siang. Untuk menghindari hal tersebut, ada cara mudah untuk mengonsumsi kentang. Jangan konsumsi kentang yang telah ditumbuhi tunas berwarna hijau. Tunas itulah yang mengandung racun bernama solanine.

Jangan konsumsi tauge mentah

Tauge bisa menjadi makanan pelengkap yang lezat dan juga baik untuk kesehatan. Namun demikian, jika tidak diolah dengan baik dan benar, sayuran ini justru bisa membahayakan keselamatan Anda. Menurut US Food Safety board, lingkungan atau tempat tauge tumbuh lah yang memicu . Tauge biasanya tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab, di tempat itu lah bakteri E.coli dan salmonella tumbuh subur. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi tauge dalam kondisi mentah, namun masaklah terlebih dahulu dengan baik dan benar.

 

Rebus buah beku Anda

Para pencinta smoothie pasti sudah terbiasa membekukan buah segar mereka di dalam lemari pendingin. Namun tahukah Anda, bahwa tindakan tersebut bisa memicu munculnya virus hepatitis A? Pada tahun 2016 lalu, Public Health Agency of Canada mengklaim bahwa buah ceri beku menjadi penyebab tersebarnya wabah Hepatitis A di beberapa provinsi di negara tersebut.

BACA JUGA: 4 Obat Rumahan Mengatasi Keracunan Makanan

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini