nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BACKPACKER DIARY: Trip Asyik nan Menegangkan ke Air Terjun Sekumpul Bali

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 15:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 31 406 1747045 backpacker-diary-trip-asyik-nan-menegangkan-ke-air-terjun-sekumpul-bali-eLvaOuShB1.JPG Air Terjun Sekumpul, Bali (foto: Instagram/@fitririanti)

BICARA soal Pulau Dewata memang tidak akan pernah ada habisnya. Potensi pariwisata di Bali tidak hanya tersedia banyak, tapi juga mampu membuat wisatawannya rindu dan ingin kembali berlibur ke sana.

Selain pantai, pulau yang dijuluki The Island of God tersebut juga memiliki pesona alam lainnya, yang kali ini dieksplor oleh Rizky Sudiantoro dan seorang temannya. Mereka menaiki sepeda motor berdua untuk menuju Air Terjun Sekumpul.

(foto: Instagram/@rejall_rakse23)

Jalan yang dilalui kedua sahabat ini awalnya berupa jalan beraspal yang cukup lebar karena dapat dilalui oleh dua kendaraan roda empat sekaligus. Pemandangan selama perjalanan pun cukup menarik karena di pinggir jalan terhampar hutan-hutan dengan pepohonan lebat dan asri.

Ketika mengendarai motor, Rizky sangat berhati-hati karena sisi sebelah kiri jalan langsung jurang tanpa jagaan pelindung. Jalan beraspal yang tadi sempat lebar pun akhirnya menyempit, bahkan sampai hanya bersisa jalan setapak dan Cuma bisa dilalui satu buah motor atau orang jalan kaki.

(Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Menjamah Air Terjun Tersembunyi Tukad Cepung di Bali)

Selama melewati jalan setapak, pemandangan alam sekitar hanya pepohonan dengan sisi sebelah kiri jurang. Setelah jalan setapak yang sempit terlewati, Rizky dan temannya pun akhirnya memarkir motornya dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Jalur yang dilalui Rizky berupa jalan setapak yang menurun dengan pepohonan yang masih lebat dan semak-semak di kiri dan kanan jalan. Wisatawan harus berhati-hati ketika berjalan, karena medan cukup licin efek lumut yang menyelimuti permukaan jalan dan curam.

(Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Membelah Rimba Sambil Menyusuri Sungai Maron Pacitan)

Jalan masih menurun, tapi kali ini Rizky terlihat menuruni anak tangga dengan hati-hati. Untungnya, fasilitas seperti anak tangga lengkap dengan pegangannya sudah tersedia, jadi wisatawan tidak perlu khawatir terjatuh. Namun, jangan lega dulu, karena tantangan yang sebenarnya baru tersedia di depan mata.

Jembatan terbuat dari potongan pohon dengan pemandangan aliran sungai deras terhampar di bawah kaki. Air sungai sangat jernih berwarna kebiruan, menyejukkan. Ingat, wisatawan harus tetap berhati-hati ketika melangkahkan kaki, sebab bisa-bisa salah langkah justru akan terpeleset dan jatuh ke sungai.

(Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Menjamah Kemisteriusan Gua Asnawi Lahat)

Dan, akhirnya si primadona pun hadir di depan mata. Menghapuskan lelah dan penat dalam sekejap hingga beban di kepala pun hilang. Nuansa alami nan asri begitu kental terasa ketika kali pertama menyaksikan indahnya Air Terjun Sekumpul yang tiada tara ini.

Sekeliling air terjun hanya ada pemandangan hijau dari pohon-pohon dan tumbuhan-tumbuhan yang masih dengan bebas mengekspresikan kesejukannya. Air terjun deras terhempas menghantam kolam yang ada di bawahnya.

(Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Air Terjun Sidompak, Surga Tersembunyi di Desa Tongging)

Uniknya lagi, air terjun tidak hanya memiliki satu pancuran, tapi tiga pancuran sekaligus. Air terjun Sekumpul pun kabarnya berasal dari sumber yang berbeda. Jika dilihat dari atas, air terjun bak primadona yang dilindungi lebatnya pepohonan.

Sungguh indah dan tidak dapat diwakili dengan sepatah kata pun pesona Air Terjun Sekumpul. Bagi wisatawan yang hendak mengunjungi Air Terjun Sekumpul langsung dapat menuju ke Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini