nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serunya Berkelana Mengelilingi China Naik Kereta! Coba Kereta Tidur

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 01 Agustus 2017 07:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 31 406 1747244 serunya-berkelana-mengelilingi-china-naik-kereta-coba-kereta-tidur-6d5p1vgG0e.JPG Jalur Kereta di China (foto: Neil Young/Flickr)

TRAVELLING menggunakan kereta di China merupakan cara terbaik untuk berhemat dan menikmati panorama indah negeri Tirai Bambu. Apalagi jarak dari satu provinsi ke provinsi lainnya juga jauh dan menghabiskan waktu berhari-hari.

Selain murah, kereta juga menjamin kehidupan Anda aman dan nyaman. Sebab, kereta umumnya sudah difasilitasi dengan kamar di dalam setiap ruangannya. Sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman, fasilitas seperti toilet dan kamar mandi juga bisa ditemukan. Bagaikan hotel berjalan di malam hari.

(Baca Juga: 5 Destinasi Tersembunyi di China dengan Keindahan yang Bikin Geleng-Geleng Kepala)

Jika ingin lebih nyaman lagi menggunakan kereta selama berkelana mengelilingi China, berikut tips dan trik dilansir dari lonelyplanet, Selasa (1/8/2017).

(foto: Instagram/@antopaulogy)

Datang tepat waktu

Jangan berangkat di waktu mepet, karena pintu masuk di dalam stasiun khususnya di Shanghai akan membuat Anda kaget karena Anda harus scan tas terlebih dahulu di pintu masuk. Anda harus lebih siap membawa paspor Anda ketika masuk ke dalam stasiun karena mereka akan memeriksanya di pintu masuk.

(Baca Juga: Keren! China Luncurkan Kereta Pintar Tanpa Pengemudi)

Kenali nomor kereta

Nomor kereta di China tidak selalu berbentuk angka biasa, mereka biasanya menggunakan huruf yang disesuaikan dengan kategori kereta. Untuk yang kereta cepat dan paling mewah biasanya ditandai dengan huruf C, D, dan G.

Sedangkan kereta dengan tulisan D merupakan kereta tercepat di China yang menawarkan perjalanan nyaman dan pelayanan biasa. Biasanya di ruangan kelas pertama, Anda bisa menemukan tempat charge, kemudian dua tempat duduk dengan kaki lebar, televisi. Sementara itu kereta kelas G biasanya lebih cepat daripada D hanya saja mereka memiliki ruangan terbatas.

(Baca Juga: China Akan Buka Perosotan Gelas Terbesar di Dunia)

Belilah tiket kereta tidur

Kereta tidur sangat disarankan bagi Anda yang ingin traveling dengan nyaman bagaikan sedang berada di kamar hotel berjalan. Meski tiketnya lumayan mahal, namun bagi Anda yang membawa anak tentu ini pilihan terbaiknya.

Kereta terbaiknya berada di kelas D dan Z yang menjadi kereta terbaru mereka. Sementara beberapa kereta kelas T menawarkan kompartemen dua tempat tidur dengan toilet sendiri di dalam ruangan. Jika ingin lebih nyaman lagi Anda bisa memesan kelas VIP di mana kasurnya sangat empuk dan juga modern.

(Baca Juga: Wih Keren, China Bangun Patung Raksasa Dewi)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini