nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hospital Cave, Rumah Sakit Rahasia Semasa Perang Vietnam

Dada Sathilla, Jurnalis · Selasa 01 Agustus 2017 09:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 31 406 1747256 hospital-cave-rumah-sakit-rahasia-semasa-perang-vietnam-3JGxU8IjPL.jpg Hospital Cave, Rumah Sakit Rahasia Semasa Perang Vietnam (foto: Dada Sathilla/Okezone)

MESKI terkenal dengan wisata alamnya, Cat Ba Island juga memiliki objek wisata bersejarah. Hospital Cave atau gua rumah sakit merupakan tempat bersejarah yang sayang kalau tidak dikunjungi di Cat Ba island, Vietnam.

Gua ini dulunya merupakan tempat persembunyian sekaligus rumah sakit semasa perang Vietnam Lho! Berjarak 10 km dari pusat kota Cat Ba, hospital cave bisa dicapai dengan mobil, sepeda motor maupun taksi. Gua ini terletak di sepanjang jalan menuju taman nasional Cat Ba. Kita akan tiba di hospital cave setelah berkendara selama kurang lebih 15 menit.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

(Baca Juga: Serunya Hiking di Taman Nasional Cat Ba, Vietnam!)

Tiket masuk bisa dibeli di tempat parkir sepeda motor yang terletak di seberang gua. Tak ada loket namun hanya meja bertuliskan 'ticket' yang dijaga oleh beberapa gadis. Harga tiket masuknya 15.000 dong atau sekitar 7500 rupiah.

Karena terletak di ketinggian, maka perlu naik tangga untuk mencapai gua ini. Guanya sendiri cukup tersembunyi sehingga tak bisa terlihat dari jalanan. Karena posisinya yang tersembunyi dari dataran maupun udara, pantas saja kalau di masa lalu gua ini menjadi tempat persembunyian tentara Vietnam utara semasa perang Vietnam melawan Amerika Serikat.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

(Baca Juga: Cat Ba Island, Destinasi Baru di Vietnam Pesaing Ha Long Bay)

Hospital cave ini dibangun pada tahun 1963 hingga 1965 dengan bantuan dari Tiongkok. Pada masa perang Vietnam, Tiongkok merupakan sekutu Vietnam utara yang sama - sama berpaham komunis. Selain digunakan sebagai tempat persembunyian rahasia, gua ini juga menjadi basis militer tentara Vietcong.

Sesuai dengan namanya, gua ini juga berfungsi sebagai rumah sakit bagi para tentara yang terluka semasa perang. Gua yang luas ini terdiri dari 3 tingkat. Di tingkat pertama terlihat lorong yang menuju ke kamar - kamar yang dulu digunakan untuk merawat tentara yang terluka saat perang, sebagai ruang operasi dan kantor dokter.

(Baca Juga: Tips Memilih Paket Wisata Halong Bay di Vietnam)

Namun kini kamar - kamar itu kosong sehingga membuat suasana agak seram. Ada beberapa ruangan yang dihias dengan boneka tentara Vietcong untuk menunjukkan fungsi ruangan itu pada masa perang. Kehadiran boneka - boneka ini membuat suasana semakin menyeramkan.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Tingkat kedua dibiarkan alami dan digunakan sebagai kolam renang serta bioskop. Sedang tingkat ketiga digunakan sebagai kantor dan rumah aman untuk pemimpin Vietcong. Sebagai persiapan apabila diserang musuh, ada pula jalan pintas untuk keluar dari gua ini. Jalan pintas ini bisa dicapai dengan menyusuri gua hingga ke ujung.

(Baca Juga: Yuk Sambangi Kota Bersejarah di Vietnam)

Pada tahun 1975 gua ini tak lagi dipakai karena perang Vietnam telah berakhir. Kini hospital cave menjadi aktraksi turis yang menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Bila ingin memperoleh penjelasan lebih lengkap mengenai sejarah gua ini, ada beberapa guide di mulut gua yang siap menemani turis menjelajah gua bersejarah ini.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini