nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan Kuaci & Vitamin Kunyah Bikin Gigi Rusak, Ini Penjelasannya!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 11:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 31 481 1746890 makan-kuaci-vitamin-kunyah-bikin-gigi-rusak-ini-penjelasannya-vjPqaHXflT.jpg Sakit gigi (Foto: NDTV)

BANYAK orang yang mengabaikan kesehatan giginya dan mungkin Anda termasuk salah satunya. Coba renungkan kembali berapa kali Anda berpikir apakah makanan atau minuman yang Anda konsumsi merusak gigi? Mungkin hasilnya tidak sebanding dengan berapa kali Anda berpikir apakah makanan atau minuman itu memengaruhi berat badan.

Padahal, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan atau minuman apa yang tidak baik untuk gigi. Jangan menunggu sampai gigi ngilu baru ke dokter dan mencari tahu apa yang seharusnya tidak Anda konsumsi. Dilansir dari Health, Senin (31/7/2017), selain permen, inilah makanan lain yang bisa merusak gigi;

1. Biji bunga matahari atau kuaci

Seni memakan kuaci adalah pada saat Anda membuka cangkang kulit yang membungkus bijinya. Sebagian orang mungkin lebih memilih menggigit dibanding menggunakan tangan untuk membuka cangkang kulitnya. Tahukah Anda, menggigit cangkang kulit kuaci bisa merusak gigi karena teksturnya yang keras. Sedangkan tidak ada yang salah dengan biji kuaci karena mengandung banyak protein.

(Baca Juga: HEALTHY BABE: Bikin Iri Semua Wanita, Halle Berry Pamer Perut Rata meski Sudah Usia 50 Tahun)

2. Es batu

Coba, siapa di antara Anda yang sering menggigit es batu ketika minuman dingin yang Anda minum sudah habis? Pasti banyak yang suka melakukan kebiasaan itu. Dan mungkin banyak di antara Anda yang sudah tahu bahwa mengunyah batu es adalah hal yang tidak baik. Email gigi dan es batu sama-sama terdiri dari kristal. Apabila kedua kristal itu beradu, salah satunya bisa pecah. Kristal yang kemungkinan akan pecah adalah kristal yang ada pada email gigi.

3. Minuman perasa dan bermineral tinggi

Air yang memiliki rasa dan bermineral tinggi mengandung asam sitrat yang bisa menyebabkan erosi email. Email gigi yang hilang tidak akan pernah kembali lagi. Hal itu membuat gigi lebih mudah keropos, lebih sensitif, dan memiliki kemungkinan untuk membusuk.

4. Buah kering

Sebagian orang mungkin gemar memakan buah kering karena mengandung banyak serat dan vitamin. Tapi, buah kering bisa membawa masalah pada gigi Anda. Air yang dikeluarkan dari dalam buah membuat gula dan asam pekat tertinggal di dalam buah. Kandungan itu membuat buah menjadi lebih lengket. Buah kering akan mudah menempel di alur dan celah gigi Anda. Akibatnya, gula yang menempel membuat bakteri menghasilkan asam. Asam pada gigi bisa melarutkan email dan menyebabkan gigi berlubang.

(Baca Juga: Takut Sedot Lemak, Remaja Berbobot 120 Kg Sukses Turunkan 57 Kg dengan Caranya Sendiri)

5. Vitamin kunyah

Banyak orangtua yang memberikan anak mereka vitamin kunyah agar daya tahan tubuh anaknya kuat. Padahal, vitamin kunyah lebih berbahaya dibandingkan dengan permen karena gulanya bisa menempel di gigi apabila tidak dibersihkan. Lebih baik Anda memberikan vitamin kepada Anda dalam bentuk cair yang bisa dilarutkan ke makanan atau minuman.

6. Keripik kentang

Keripik kentang adalah salah satu cemilan yang disukai banyak orang. Keripik kentang mengandung kanji yang apabila tertinggal di gigi bisa berubah menjadi gula. Kemudian gula itu bermetabolisme menjadi asam yang bisa merusak email gigi. Ada baiknya setelah memakan keripik kentang Anda berkumur atau menyikat gigi agar tidak ada remahan keripik yang tertinggal.

7. Minuman energi

Selepas berolahraga, banyak orang yang memilih untuk meminum minuman berenergi agar tubuh kembali bertenaga. Tidak masalah meminum minuman itu asal tidak setiap hari. Sebab, minuman berenergi atau minuman olahraga mengandung banyak gula yang dapat merusak gigi. Minuman yang paling aman untuk dikonsumsi setelah berolahraga tetap air putih.

(Baca Juga: Diejek Suami dan Selingkuhannya, Wanita Berbobot 100 Kg Sukses Turunkan Berat Badan hingga 52 Kg)

8. Alkohol

Selain mengandung pewarna dan gula, alkohol juga membuat mulut menjadi kering. Mulut kering membuat gigi lebih rentan untuk berlubang karena produksi air liur sedikit. Gigi memerlukan air liur untuk menjaganya tetap bersih dan menetralkan mulut agar tidak asam.

(Baca Juga: Bobot Turun 45 Kg dalam 18 Bulan, Wanita Ini Bocorkan Rahasia Suksesnya)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini