nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KEREN! Mahasiswa Unair Teliti Madu Lebah Apis Dorsata Bisa Cegah Osteoporosis

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 13:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 31 481 1746925 keren-mahasiswa-unair-teliti-madu-lebah-apis-dorsata-bisa-cegah-osteoporosis-4SssAx5dHX.jpg Ilustrasi (Foto: Organicauthority)

SALAH satu penyakit yang sering dialami oleh orang lanjut usia adalah osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi di mana kepadatan tulang berkurang, sehingga mudah keropos.

Kondisi ini dipicu oleh berbagai faktor seperti cara duduk dan berjalan yang salah, serta kurangnya asupan kalsium. Untuk itu, guna mencegah osteoporosis masyarakat disarankan untuk mengonsumsi kalsium dan suplemen vitamin D. (Baca Juga: 10 Khasiat Minum Air Madu Hangat Rutin di Pagi Hari)

Baru-baru ini, mahasiswa dari Universitas Airlangga (Unair), Surabaya berhasil menemukan asupan lain yang bisa mencegah osteoporosis. Penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Hewan yang diketuai oleh Samsi Yordan (2015) dan beranggotakan Abdullah Hasib (2013), M Huda Ramadhan (2015), Salsabilla Abani (2016), serta Siti Nur Rohmah (2015) itu menemukan bahwa madu lebah Apis dorsata bisa digunakan sebagai obat pencegahan osteoporosis. (Baca Juga: 4 Khasiat Konsumsi Madu dan Kayu Manis Setiap Hari)

Mereka melakukan penelitian dengan metode Scanning Electron Microscope (SEM) pada tikus putih yang diberi perlakuan Ovariohystercetomy atau pengambilan ovarium. Kemudian tikus itu diberi madu dengan dosis berbeda-beda selama Maret hingga Juni lalu. Di minggu ke-12, tikus kemudian dienkropsi untuk pengambilan osfemur dan selanjutnya dianalisis menggunakan SEM. (Baca Juga: Hasil Penelitian: Mengonsumsi Madu Berlebihan Bahayakan Liver)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tulang yang tidak diberi madu menunjukkan penurunan mikroarsitektur. Sedangkan, pada tulang yang diberi madu dosis paling tinggi menunjukkan kepadatannya dalam jumlah normal dan tidak terjadi penurunan mikroarsitektur. Dari hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa madu lebah Apis dorsata dapat digunakan sebagai obat pencegahan osteoporosis. (Baca Juga: Minum Teh Sehari Lebih dari 3 Kali Sebabkan Osteoporosis Lho)

”Kami berharap dari hasil penelitian ini masyarakat akan mengetahui dan lebih memilih memanfaatkan bahan pengobatan alami dibandingkan bahan kimia, karena dapat memberi efek samping pada tubuh,” kata Samsi seperti yang dikutip dari laman web Unair, Senin (31/7/2017).

Seperti yang diketahui sebelumnya, pengobatan osteoporosis biasanya menggunakan pengobatan hormone replacement therapy (HRT) dan bifosfonat. Namun, penggunaan HRT meningkatkan risiko kanker payudara. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan juga bisa menimbulkan sejumlah efek samping apabila tidak dikonsumsi sesuai anjuran dokter seperti nyeri lambung.

Sedangkan madu dipercaya mengandung banyak antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolat. Flavonols pada madu akan berinteraksi secara langsung dengan esterogen melalui reseptor ER-β dan ER-α. Penurunan hormon estrogen memang merupakan penyebab utama terjadinya osteoporosis. Selain itu, kandungan asam glukonat bisa meningkatkan absorbsi kalsium di dalam usus.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini