nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Alkohol 3-4 Kali Seminggu, Risiko Diabetes Menurun?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 15:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 31 481 1747077 minum-alkohol-3-4-kali-seminggu-risiko-diabetes-menurun-SbhMozoWl7.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

ALKOHOL lebih dikenal memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Tapi, jika minum alkohol dimoderasi, 3 sampai 4 kali seminggu, dapat mencegah diabetes, kata periset.

Menurut tim dari National Institute of Public Health di University of Southern, Denmark, konsumsi alkohol 3 sampai 4 kali seminggu dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes pada pria dan wanita. (Baca Juga: Waduh! Alkohol Banyak Dikonsumsi oleh Mereka yang Berpenghasilan Tinggi)

"Temuan kami menunjukkan, minum alkohol dikaitkan dengan risiko diabetes, dan konsumsi alkohol 3-4 hari dengan risiko dikaitkan dengan risiko diabetes terendah," kata para penulis dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal Diabetologia, yang dikutip Thehealthsite, Senin (31/7/2017).

Studi yang dilakukan oleh Profesor Jane Tolstrup dan rekannya, meneliti efek frekuensi minum alkohol pada risiko diabetes, serta mempertimbangkan hubungan dengan jenis minuman tertentu. Studi ini menggunakan data dari Survei Kesehatan Denmark, dari tahun 2007-2008, di mana warga Denmark berusia 18 tahun ke atas menyelesaikan kuesioner tentang gaya hidup dan kesehatan mereka. (Baca Juga: Peneliti: Minum Alkohol saat Hamil Pengaruhi Bentuk Wajah Bayi)

Mereka yang telah didiagnosis diabetes dikeluarkan, termasuk wanita yang sedang hamil atau baru melahirkan. Penelitian ini melibatkan 70.551 peserta yang telah memberikan rincian konsumsi alkohol. Konsumsi jenis minuman tertentu, anggur, bir dan spirits-dikodekan kurang dari 1 gelas per minggu, 1-6 gelas per minggu dan 7 atau lebih minuman per minggu untuk wanita, dan 7-13 serta 14 atau lebih gelas minuman per minggu untuk pria. Selama masa tindak lanjut, 859 pria dan 887 wanita menderita diabetes.

Pria yang mengonsumsi 14 minuman alkohol per minggu ditemukan memiliki risiko diabetes 43% lebih rendah dibandingkan tanpa asupan alkohol. Wanita yang mengonsumsi 9 minuman alkohol per minggu memiliki risiko 58% lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak minum sama sekali. (Baca Juga: Penelitian Membuktikan Minum Alkohol Dapat Mengubah Struktur Otak)

Dari segi frekuensi, data tersebut mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol 3-4 hari dalam seminggu memberikan risiko diabetes paling rendah - risiko 27% lebih rendah pada pria dan 32% lebih rendah di wanita - bila dibandingkan dengan orang yang minum kurang dari 1 gelas per minggu.

Studi ini tidak menemukan bukti yang jelas tentang hubungan antara konsumsi minuman keras dan risiko diabetes, mungkin karena kekuatan statistik rendah, disebabkan beberapa peserta melaporkan minum berlebihan. (Baca Juga: Ini Alasan Orang Tidur Mendengkur Usai Minum Minuman Beralkohol)

Penelitian sebelumnya secara konsisten menunjukkan, konsumsi alkohol frekuensi ringan sampai sedang, dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah dibandingkan tidak sama sekali. Tapi, konsumsi alkohol berlebihan juga berdampak pada peningkatan risiko diabetes.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini